PENGARUH PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KECIL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR DAN HASIL BELAJAR

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran bola kecil di sekolah menengah pertama khususnya kasti, bola bakar, dan rounders sudah jarang diterapkan. Tidak hanya sebagai pembelajaran yang mengutamakan bermain dan membuat siswa senang, kasti juga merupakan warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Saleh, Rakhmat (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23354/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran bola kecil di sekolah menengah pertama khususnya kasti, bola bakar, dan rounders sudah jarang diterapkan. Tidak hanya sebagai pembelajaran yang mengutamakan bermain dan membuat siswa senang, kasti juga merupakan warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bola kecil terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian pretest-posttest group design. Populasi penelitian siswa kelas VII SMPN 1 Bandung dengan teknik pengambilan sampling random purposive. Sampel dibagi menjadi 3 kelompok perlakuan, tiap kelompok terdiri dari 15 siswa. Kemudian diberi tes awal dengan tes keterampilan gerak dasar dan tes Game Performance Assesment Instrument. Dianalisis menggunakan paired samples t test dan uji pearson correlation. Diperoleh data keterampilan gerak dasar kelompok kasti dengan p-value 0.000 ≤ 0.05, bola bakar dengan p-value 0.000 ≤ 0.05, dan rounders dengan p-value 0.000 ≤ 0.05. Data hasil belajar kelompok kasti dengan p-value 0.001 ≤ 0.05, bola bakar dengan p-value 0.000 ≤ 0.05, dan rounders dengan p-value 0.000 ≤ 0.05. Hasil korelasi keterampilan gerak dasar dengan hasil belajar dengan p-value 0.211 > 0.05. Hasil akhir membuktikkan bahwa ketiga pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar dan hasil belajar, Tetapi tidak terdapat hubungan yang nyata antara keterampilan gerak dasar dan hasil belajar. kata kunci: Pembelajaran, Permainan Kasti, Permainan Bola Bakar, Permainan Rounders Keterampilan Gerak Dasar, Hasil Belajar The background of this study is about small ball learning in junior high school, especially the "kasti", slagball and rounders that rarely applied. Not only as a learning that focus on playing and students happiness, the "kasti" is inherited of the ancestors of Indonesia that must be preserved. The purpose of this study was to determine the effect of learning small ball to improve the basic motoric skills and student learning outcomes. This research uses experimental methods and design research group pretest-posttest design. The population is seventh grade students of SMPN 1 Bandung with purposive random sampling technique. The samples were divided into 3 treatment groups, each group consisting of 15 students. The pretest used is basic motoric skills tests and tests Game Performance Assessment Instrument. The analysis used is paired samples t test and Pearson correlation test. The obtained data of basic motoric skills the "kasti" group with p-value 0.000≤ 0.05 slagball group with p-value 0.000≤ 0:05, and rounders with a p-value 0.000≤ 0:05. The learning outcomes data of the "kasti" group with p-value 0.001≤ 0.05, slagball group with p-value 0.000≤ 0:05, and rounders with p-value 0.000≤ 0:05. The correlation result of the basic motoric skills learning outcomes with a p-value 0.211> 0.05. The final result shows that all the three learning provide a significant effect on the improvement of the basic motoric skills and learning outcomes, but there is no a real relationship between the basic motoric skills and learning outcomes. Keywords: Learning, The "Kasti", Slagball, Rounders, Basic Motoric Skills, Learning Outcomes
Item Description:http://repository.upi.edu/23354/1/S_JKR_1100554_Title.pdf
http://repository.upi.edu/23354/2/S_JKR_1100554_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/23354/3/S_JKR_1100554_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/23354/4/S_JKR_1100554_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/23354/5/S_JKR_1100554_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/23354/6/S_JKR_1100554_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/23354/7/S_JKR_1100554_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/23354/8/S_JKR_1100554_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/23354/9/S_JKR_1100554_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/23354/10/S_JKR_1100554_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/23354/11/S_JKR_1100554_Appendix2.pdf