PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEA PARTY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG : EKSPERIMEN MURNI TERHADAP SISWA KELAS X SMA BPI 1 BANDUNG Tahun Ajaran 2015/2016

Kosakata merupakan komponen terpenting dalam bahasa. model pembelajaran kooperatif tipe tea party dilakukan dengan cara siswa membentuk dua barisan dimana siswa saling berhadapan satu sama lain. Guru mengajukan sebuah pertanyaan, siswa mendiskusikan jawaban dengan siswa yang ada dihadapannya, setela...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Pebriani, Vina (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23367/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kosakata merupakan komponen terpenting dalam bahasa. model pembelajaran kooperatif tipe tea party dilakukan dengan cara siswa membentuk dua barisan dimana siswa saling berhadapan satu sama lain. Guru mengajukan sebuah pertanyaan, siswa mendiskusikan jawaban dengan siswa yang ada dihadapannya, setelah satu menit baris terluar bergerak searah jarum jam sehingga akan berhadapan dengan pasangan yang baru. Guru mengajukan peranyaan ke dua dan seterusnya. kemudian siswa mempresenasikan hasil diskusi depan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemapuan mengingat kosakata bahasa Jepang siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Tea Party. metode yang di gunakan adalah true experimental design dengan menggunakan design Randomized control group Pre-test Post-test..Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA BPI 1 Bandung tahun ajaran 2014/2015 kelas X-5 sebanyak 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebanyak 20 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah adalah test dan angket. Hasil analisis data, diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,85 dan taraf signifikan 5% adalah 3,73. Karena t-hitung lebih besar dari t-tabel maka Hk diterima. Hal ini berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tea party efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang.Serta data yang diperoleh dari angket, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Tea Party mempunyai langkah-langkah yang efektif dan mampu membuat siswa lebih fokus dan belajar bertanggung jawab dengan tugas-tugas yang diberikan. Kata kunci : menghafal, model pembelajaran, model Tea Party
Item Description:http://repository.upi.edu/23367/1/S_JPN_1106288_Title.pdf
http://repository.upi.edu/23367/2/S_JPN_1106288_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/23367/3/S_JPN_1106288_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/23367/4/S_JPN_1106288_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/23367/5/S_JPN_1106288_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/23367/6/S_JPN_1106288_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/23367/7/S_JPN_1106288_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/23367/8/S_JPN_1106288_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/23367/9/S_JPN_1106288_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/23367/10/S_JPN_1106288_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/23367/11/S_JPN_1106288_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/23367/12/S_JPN_1106288_Appendix3.pdf
http://repository.upi.edu/23367/13/S_JPN_1106288_Appendix4.pdf
http://repository.upi.edu/23367/14/S_JPN_1106288_Appendix5.pdf
http://repository.upi.edu/23367/15/S_JPN_1106288_Appendix6.pdf
http://repository.upi.edu/23367/16/S_JPN_1106288_Appendix7.pdf