PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPSDI KELAS IV SDN TAMAN KECAMATAN TAKTAKAN KOTA SERANG

Penelitian dilatarbelakangi oleh kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Materi pelajaran yang banyak dan suasana belajar yang tidak kondusif menjadi penyebab siswa mengalami kejenuhan belajar. Siswa yang mengalami kejenuhan belajar akan sulit memperoleh informasi atau pengetahuan baru sehin...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: rohmah, ayunda (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23382/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03807 am a22002893u 4500
001 repoupi_23382
042 |a dc 
100 1 0 |a rohmah, ayunda  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPSDI KELAS IV SDN TAMAN KECAMATAN TAKTAKAN KOTA SERANG 
260 |c 2016-06-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/23382/1/S_KDSERANG_IPS_1200777_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23382/2/S_KDSERANG_IPS_1200777_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23382/3/S_KDSERANG_IPS_1200777_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23382/4/S_KDSERANG_IPS_1200777_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23382/5/S_KDSERANG_IPS_1200777_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23382/6/S_KDSERANG_IPS_1200777_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23382/7/S_KDSERANG_IPS_1200777_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23382/8/S_KDSERANG_IPS_1200777_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23382/9/S_KDSERANG_IPS_1200777_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23382/10/S_KDSERANG_IPS_1200777_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian dilatarbelakangi oleh kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Materi pelajaran yang banyak dan suasana belajar yang tidak kondusif menjadi penyebab siswa mengalami kejenuhan belajar. Siswa yang mengalami kejenuhan belajar akan sulit memperoleh informasi atau pengetahuan baru sehingga jika tidak segera diatasi maka kejenuhan belajar akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mengetahui langkah-langkah pembelajaran IPS dengan menggunakan metode mind mapping. 2). Mengetahuiapakah metode mind mapping pada pembelajaran IPS dapat mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas IV di SD Negeri Taman Kecamatan Taktakan Kota Serang pada pembelajaran IPS. 3). Mengetahui implikasi metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Taman Kecamatan Taktakan Kota Serang pada pembelajaran IPS. Tinjauan teori terhadap metode mind mapping mengindikasikan bahwa jika metode mind mapping diterapkan secara benar dan sesuai prosedur maka kejenuhan belajar siswa dapat diperbaiki dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Taman Kecamatan Taktakan Kota Serang, dengan jumlah sampel sebanyak40 orang siswa kelas IV.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencakup2 siklus pemberian tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan terhadap kejenuhan belajar siswa dan peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Pada prasiklus, kejenuhan belajar siswa berada pada nilai rata-rata 57.65 dengan kriteria "tinggi" dan hasil belajar siswa menunjukkan jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM (≥63) yaitu 27,5% atau 11 orang siswa. Pada siklus I data menunjukkan nilai rata-rata kejenuhan belajar siswa yaitu 47.90 dengan kriteria "sedang" dan hasil belajar siswa menunjukkan siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 67,5% atau 27 orang siswa. Padasiklus II data menunjukkan kejenuhan belajar siswa menurun menjadi 39.00 dengan kriteria "rendah" sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan siswa yang mendapat nilai di atas KKM meningkat menjadi 90% atau 36 orang siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping dapat mengatasi kejenuhan belajar siswa. Rekomendasi penelitian ditujukan pada beberapa pihak antara lain : 1). Guru kelas; 2). Kepala sekolah; dan 3). Peneliti selanjutnya. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/23382/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/23382/