PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG PROKLAMASI KEMERDEKAAN

Penelitian ini dilakukan pada SDN Anyar 4 yang beralamat di Jl. Jaha Ds. Mekarsari Kec. Anyar Kab. Serang, subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V, dengan menggunakan metote pembelajaran Cooperative Learning tipe Role Playing pada mata pelajaran IPS tentang Proklamasi Kemerdekaan. Role Playing...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: romadiani, fajria (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23387/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02788 am a22002653u 4500
001 repoupi_23387
042 |a dc 
100 1 0 |a romadiani, fajria  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG PROKLAMASI KEMERDEKAAN 
260 |c 2016-06-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/23387/1/S_KDSERANG_IPS_1205793_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23387/2/S_KDSERANG_IPS_1205793_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23387/3/S_KDSERANG_IPS_1205793_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23387/4/S_KDSERANG_IPS_1205793_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23387/5/S_KDSERANG_IPS_1205793_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23387/6/S_KDSERANG_IPS_1205793_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23387/7/S_KDSERANG_IPS_1205793_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23387/8/S_KDSERANG_IPS_1205793_Chapter5.pdf 
520 |a Penelitian ini dilakukan pada SDN Anyar 4 yang beralamat di Jl. Jaha Ds. Mekarsari Kec. Anyar Kab. Serang, subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V, dengan menggunakan metote pembelajaran Cooperative Learning tipe Role Playing pada mata pelajaran IPS tentang Proklamasi Kemerdekaan. Role Playing sering kali dimaksudkan sebagai suatu bentuk aktivitas dimana pembelajar membayangkan dirinya seolah-olah berada di luar kelas dan memainkan peran orang lain. Tujuan peneliti menggunakan metode Role Playing yaitu, untuk meningkat aktivitas siswa dalam kelas dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan rekapitulasi aktivitas pembelajaran serta hasil belajar siswa dari mulai siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan jika dilihat dari nilai yang diperoleh siswa saat pra siklus. Adapun peningkatan nilai rata-rata aktivitas pada siklus I sebesar 66,7% kemudian terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 80% dan rata-rata hasil belajar siswa menunjukan angka pada siklus I sebesar 65 kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 84,7. Dari data hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Dari hasil penelitian dan pemaparan diatas peneliti merekomendasikan kepada Guru SD agar menggunakan metode Role Playing khususnya pada mata pembelajaran IPS. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/23387/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/23387/