Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Tentang Konsep Perkembangan Teknologi

Penelitian dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPS yang berlangsung di kelas IV SD Negeri Taman Baru 2 masih belum optimal.Hal ini terbukti setelah peneliti melakukan observasi, ternyata yang menjadi akar permasalahan kurang berhasilnya hasil belajar adalah karena kondisi pembelajaran yang te...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: maulidah, fathiyatul (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23388/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPS yang berlangsung di kelas IV SD Negeri Taman Baru 2 masih belum optimal.Hal ini terbukti setelah peneliti melakukan observasi, ternyata yang menjadi akar permasalahan kurang berhasilnya hasil belajar adalah karena kondisi pembelajaran yang terjadi masih bersifat teacher centre sehingga membuat siswa merasa jenuh. Motivasi belajar siswa sangat berpengaruh dalam keaktifan dan keberhasilan suatu proses pembelajaran, akan tetapi jika tidak didukung dengan metode, pendekatan serta strategi pembelajaran yang baik pula, maka hasil belajar siswa kurang maksimal. Sehingga timbul solusi, yaitu dengan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan agar siswa tertarik, mudah memahami, lebih aktif dan dapat melatih kepercayaan diri yang bertujuan guna meningkatkan aktifitas dan hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, yakni meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes.Penelitian ini menunjukkan apabila menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe talking stick maka hasil belajar siswa akan meningkat. Pada prasiklus nilai rata-rata kelas adalah 62,4 yang berarti masih kurang. Karena KKM yang ditetapkan sekolah adalah 70.Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat dari 62,4menjadi 69,4 dengan persentase 75,8%. Karenanilai rata-rata pada siklus I belum mencapai KKM, maka dilakukan siklus II dengan rata-rata hasil belajar siswa 69,4menjadi 82,4 dengan persentase 93,9% atau hampir seluruh siswa telah mencapai KKM. Hal tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada konsep perkembangan teknologi dapat meningkatkan aktifitas siswa serta meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran.
Item Description:http://repository.upi.edu/23388/1/S_KDSERANG_IPS_1205283_Title.pdf
http://repository.upi.edu/23388/2/S_KDSERANG_IPS_1205283_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/23388/3/S_KDSERANG_IPS_1205283_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/23388/4/S_KDSERANG_IPS_1205283_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/23388/5/S_KDSERANG_IPS_1205283_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/23388/6/S_KDSERANG_IPS_1205283_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/23388/7/S_KDSERANG_IPS_1205283_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/23388/8/S_KDSERANG_IPS_1205283_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/23388/9/S_KDSERANG_IPS_1205283_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/23388/10/S_KDSERANG_IPS_1205283_Appendix.pdf