PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK UNTUK MENILAI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PRAKTIKUM SISWA SMK PADA KONSEP KOLOID

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian otentik dalam menilai pengetahuan dan keterampilan praktikum siswa SMK pada konsep koloid. Metode yang digunakan adalah Research and Development, yang terdiri dari tahap pengembangan instrumen, tahap validasi dan uji coba instrumen, da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Masruroh, Kuni Hidayatal (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23397/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian otentik dalam menilai pengetahuan dan keterampilan praktikum siswa SMK pada konsep koloid. Metode yang digunakan adalah Research and Development, yang terdiri dari tahap pengembangan instrumen, tahap validasi dan uji coba instrumen, dan tahap aplikasi instrumen. Instrumen yang dikembangkan terdiri dari instrumen tes tertulis dan instrumen tes kinerja. Pada tahap uji coba, sampel penelitian yang menguji coba tes tertulis berjumlah 24 siswa kelas XII Teknik Sepeda Motor (TSM) dan lima rater yang menilai lima siswa yang melakukan praktikum, untuk uji coba instrumen tes kinerja. Sedangkan pada tahap aplikasi terdapat 40 siswa kelas XII Teknik Komputer Jaringan (TKJ) yang diuji menggunakan instrumen tes penilaian otentik, instrumen tes tertulis maupun tes kinerja. Hasil validasi instrumen oleh tujuh validator menunjukkan bahwa instrumen penilaian otentik yang dikembangkan valid, dengan nilai CVR 1,000 dan 0,714. Dari hasil uji coba instrumen, pada instrumen tes tertulis diketahui nilai reliabilitas 25 butir soal pilihan ganda adalah 0,675 dan nilai reliabilitas 2 buah butir soal uraian terbatas adalah 1,000. Pada instrumen tes kinerja, dari 11 task efek Tyndall yang digunakan nilai reliabilitasnya adalah 0,807 sedangkan dari 11 task adsorpsi yang digunakan nilai reliabilitasnya adalah 0,707. Hasil aplikasi instrumen diketahui bahwa pengetahuan siswa berada pada kategori kompeten, sedangkan keterampilan praktikum siswa pada efek Tyndall dan adsorpsi masing-masing berada pada kategori sangat kompeten. Koefisien korelasi Pearson bernilai 0,866 yang artinya nilai pengetahuan tinggi berhubungan dengan nilai keterampilan praktikum siswa. Kata kunci: Instrumen penilaian otentik, pengetahuan, keterampilan praktikum, dan sekolah menengah kejuruan. This research aims to develop an authentic assessment instruments in assessing the knowledge and practical skills of vocational students to the concept of colloid. The method used is Research and Development, comprising the steps of instrument development, the validation and testing instruments, and instrument application stage. The instrument was developed consisting of a written test instruments and test instruments performance. In the test phase, which tested a sample written test consists of 24 students of class XII Motorcycle Engineering (TSM) and five assessing rater five students who perform lab, to test the performance test instruments. While at the application stage there were 40 students of class XII Computer Engineering Network (TKJ) were tested using authentic assessment test instruments, instrument written test and a performance test. Results of the validation instrument by seven validator indicates that the assessment instruments developed authentically valid, the CVR value of 1.000 and 0.714. From the results of the test instrument, the written test instrument known reliability value 25 multiple choice items was 0.675 and the value of reliability 2 pieces item description is limited to 1,000. In the performance test instruments, of 11 task used Tyndall effect the reliability value is 0.807 while the 11 task that used adsorption reliability value is 0.707. Results of application of instruments known that the knowledge of students in the category competent, while the practical skills of students at Tyndall effect and adsorption of each are in the category of very competent. Pearson correlation coefficient of 0.866, which means valuable knowledge of high-value associated with the value of practical skills of the students. Keywords: Authentic assessment instruments, knowledge, practical skills, and senior vocational schools.
Item Description:http://repository.upi.edu/23397/1/T_KIM_1302267_Title.pdf
http://repository.upi.edu/23397/2/T_KIM_1302267_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/23397/3/T_KIM_1302267_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/23397/4/T_KIM_1302267_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/23397/5/T_KIM_1302267_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/23397/6/T_KIM_1302267_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/23397/7/T_KIM_1302267_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/23397/8/T_KIM_1302267_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/23397/9/T_KIM_1302267_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/23397/10/T_KIM_1302267_Appendix.pdf