PERAN PROGRAM ADIWIYATA MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN PKn DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK : Studi Kasus di SMP Negeri 13 Kota Palembang

Penelitian ini membahas mengenai peran program adiwiyata mandiri disekolah dalam meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan dengan pembiasaan yang dilakukan oleh guru dilihat dari minimnya kepedulian lingkungan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian bertujuan untuk mend...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rotari, Septi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23466/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05029 am a22003133u 4500
001 repoupi_23466
042 |a dc 
100 1 0 |a Rotari, Septi  |e author 
245 0 0 |a PERAN PROGRAM ADIWIYATA MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN PKn DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK : Studi Kasus di SMP Negeri 13 Kota Palembang 
260 |c 2016-06-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/23466/1/T_PKN_1402081_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23466/2/T_PKN_1402081_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23466/3/T_PKN_1402081_Tabel_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23466/4/T_PKN_1402081_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23466/5/T_PKN_1402081_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23466/6/T_PKN_1402081_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23466/7/T_PKN_1402081_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23466/8/T_PKN_1402081_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23466/9/T_PKN_1402081_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23466/10/T_PKN_1402081_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini membahas mengenai peran program adiwiyata mandiri disekolah dalam meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan dengan pembiasaan yang dilakukan oleh guru dilihat dari minimnya kepedulian lingkungan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan program adiwiyata mandiri di sekolah dalam meningkatkan kepedulian lingkungan peserta didik, menganalisis implementasi program adiwiyata mandiri melalui pembelajaran PKn dalam meningkatkan kepedulian lingkungan peserta didik, menganalisis kepedulian lingkungan peserta didik melalui pembelajaran PKn, mendeskripsikan kendala dan upaya implementasi program adiwiyata mandiri melalui pembelajaran PKn dalam meningkatkan kepedulian lingkungan peserta didik. Pendekatan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Cara meningkatkan kepedulian dengan mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan penghijauan tanaman, melakukan pemilahan sampah, pengomposan dan memanfaatkan penggunaan lahan 2) Pengimplementasian dilihat dari materi, motode, media, sumber dan penilaian yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran 3) Pembiasaan yang dilakukan oleh peserta didik terhadap lingkungan kelas seperti menjaga kebersihan kelas pada saat proses pembelajaran serta merawat taman kelas 4) Kendala penghambat yaitu ketidaksesuaian materi dalam mata pelajaran PKn. Kemudian, upaya yang dilakukan dengan memberikan contoh langsung akan pentingnya kepedulian lingkungan. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi bagi sekolah, guru PKn dan peneliti selanjutnya yaitu lebih mengembangkan peran program adiwiyata mandiri dalam meningkatkan kepedulian lingkungan peserta didik. ; This study discusses the role of independent schools Adiwiyata in raising the awareness of students about the environment by habituation carried out by teachers are seen in the lack of environmental awareness of learners in everyday life. The study aimed to describe Adiwiyata independent schools in improving the environmental awareness of students, analyze the implementation of the program Adiwiyata independently through study civics in improving the environmental awareness of students, analyze the environmental awareness of students through learning Civics, describing constraints and implementation efforts Adiwiyata self through learning Civics in improving the environmental awareness of students. The approach uses a qualitative approach with case study method. Collecting data using documentation, interviews, observation. Data were analyzed using data reduction, presentation and conclusion. The results showed 1) How to raise awareness by engaging learners in greening activities plants, sorting garbage, composting and utilizing land use 2) Implementation of the views of matter, method possible, media, resources and assessment conducted by the teacher in the learning process 3) Habituation performed by students of the class environment such as keeping the classroom during the learning process as well as taking care of the park grade 4) Obstacles inhibiting material is a discrepancy in the subjects of civics. Then, the efforts made by providing a direct example of the importance of environmental awareness. This study resulted in a recommendation for schools, teachers and researchers Civics hereinafter that further develop the role of standalone Adiwiyata program in improving the environmental awareness of students. 
546 |a en 
690 |a KZ Law of Nations 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/23466/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/23466/