HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP KEMACETAN LALU LINTAS DENGAN COPING STRATEGY PADA PENGEMUDI MOBIL PRIBADI DI KOTA BANDUNG

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara sikap terhadap kemacetan lalu lintas dengan coping strategy pada pengemudi mobil pribadi di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel yang diambil sebanyak 121 orang pengem...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Martisya, Retia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23471/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03691 am a22002893u 4500
001 repoupi_23471
042 |a dc 
100 1 0 |a Martisya, Retia  |e author 
245 0 0 |a HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP KEMACETAN LALU LINTAS DENGAN COPING STRATEGY PADA PENGEMUDI MOBIL PRIBADI DI KOTA BANDUNG 
260 |c 2016-06-15. 
500 |a http://repository.upi.edu/23471/1/S_PSI_1001485_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23471/2/S_PSI_1001485_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23471/3/S_PSI_1001485_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23471/4/S_PSI_1001485_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23471/5/S_PSI_1001485_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23471/6/S_PSI_1001485_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23471/7/S_PSI_1001485_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23471/8/S_PSI_1001485_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23471/9/S_PSI_1001485_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23471/10/S_PSI_1001485_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara sikap terhadap kemacetan lalu lintas dengan coping strategy pada pengemudi mobil pribadi di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel yang diambil sebanyak 121 orang pengemudi mobil pribadi. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online via Google Docs. Pengukuran sikap terhadap kemacetan lalu lintas menggunakan teori dari Ajzen (2005) dan pengukuran coping strategy pengemudi menggunakan teori Lazarus & Folkman (1984). Hasil penelitian ini adalah: 1) Tidak terdapat korelasi antara sikap terhadap kemacetan lalu lintas dengan coping strategy pada pengemudi mobil pribadi (0.033), 2) Tidak terdapat korelasi antara sikap terhadap kemacetan lalu lintas dengan problem-focused coping pada pengemudi mobil pribadi (0.155), 3) Tidak terdapat korelasi antara sikap terhadap kemacetan lalu lintas dengan emotion-focused coping pada pengemudi mobil pribadi (-0.050). Tidak adanya korelasi pada kedua variabel diduga karena terdapat faktor lain yang berhubungan dengan sikap terhadap kemacetan lalu lintas, seperti stres, urgensi waktu, dan lain-lain.;This study aims to determine the probability of correlation between attitudes towards traffic congestion with coping strategy of car drivers in Bandung city. The research was conducted with quantitative approach by correlation method. Purposive sampling technique was used with 121 car drivers as the samples. The data were obtained through online version questionnaire distributed via Google Docs. The measurement of attitudes towards traffic congestion referred to Ajzen (2005), while the coping strategy of car drivers were analysed using Lazarus and Folkman (1984) theory. The study indicated following interpretations: 1) There was no correlation between attitudes towards traffic congestion with coping strategy of car drivers (0.033), 2) There was no correlation between attitudes towards traffic congestion with problem-focused coping of car drivers (0.155), 3) There was no correlation between attitudes towards traffic congestion with emotion-focused coping of car drivers (-0.050). The absence of correlation between the two variables was predicted due to other factors related to attitudes towards traffic congestion, such as stress, time urgency, etc. 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/23471/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/23471/