PENGGUNAAN MULTI MEDIA PEMBELAJARAAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA KULIAH KOROSI DAN PELAPISAN LOGAM

Penggunaan Multimedia Animasi dalam mata kuliah korosi dan pelapisan logam materi elektroplating masih belum digunakan. Selain itu masih banyaknya mahasiswa yang belum mengerti proses elektroplating walaupun sudah melewati perkuliahan. Oleh karena itu dilakukanlah penelitian dengan tujuan mengetahui...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Waspada, Teguh Prakosa (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23537/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penggunaan Multimedia Animasi dalam mata kuliah korosi dan pelapisan logam materi elektroplating masih belum digunakan. Selain itu masih banyaknya mahasiswa yang belum mengerti proses elektroplating walaupun sudah melewati perkuliahan. Oleh karena itu dilakukanlah penelitian dengan tujuan mengetahui pengaruh multimedia animasi terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, yang terdiri dari dua kelas. Kelas pertama adalah kelas kontrol yang menggunakan media gambar dan kelas kedua adalah kelas eksperimen yang menggunakan multimedia animasi. Instrumen berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan yang signifikan antara penggunaan multimedia animasi dibandingkan dengan menggunakan media gambar. Terlihat dari rata-rata N-gain, kelompok eksperimen dengan rata-rata N-gain 0.75 termasuk kategori tinggi sedangkan media gambar rata-rata 0.26 termasuk kategori rendah.; Use of Multimedia Animation in the course of corrosion and metal plating electroplating materials remains largely untapped. In addition there are many students who do not understand the electroplating process, despite being passed lectures. Therefore conducted this research in order to know the influence of multimedia animation on student achievement. This study uses a quasi-experimental method, which consists of two classes. The first class is a control class that uses the media image and the second class is a class experiment that uses multimedia animation. Instrument in the form of pre-test and post-test to determine the learning outcome. The results showed a significant increase in the use of multimedia animation compared to using media images. Seen from the average N-gain, the experimental group with an average N-gain of 0.75 in high category while media images on average 0.26 including low category.
Item Description:http://repository.upi.edu/23537/1/S_TM_1003077_Title.pdf
http://repository.upi.edu/23537/2/S_TM_1003077_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/23537/3/S_TM_1003077_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/23537/4/S_TM_1003077_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/23537/5/S_TM_1003077_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/23537/6/S_TM_1003077_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/23537/7/S_TM_1003077_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/23537/8/S_TM_1003077_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/23537/9/S_TM_1003077_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/23537/10/S_TM_1003077_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/23537/11/S_TM_1003077_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/23537/12/S_TM_1003077_Appendix3.pdf
http://repository.upi.edu/23537/13/S_TM_1003077_Appendix4.pdf
http://repository.upi.edu/23537/14/S_TM_1003077_Appendix5.pdf