MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN TARI KELOMPOK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya ranah afektif di sekolah, berdasarkan observasi di SMA Pasundan 2 Bandung bahwa siswa disana memiliki sikap toleransi yang lemah, selain itu guru-guru disana kurang memahami model pembelajaran yang dibutuhkan oleh tujuan yang ingin dicapai. Tujuan pene...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yesisa, Rara (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23542/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya ranah afektif di sekolah, berdasarkan observasi di SMA Pasundan 2 Bandung bahwa siswa disana memiliki sikap toleransi yang lemah, selain itu guru-guru disana kurang memahami model pembelajaran yang dibutuhkan oleh tujuan yang ingin dicapai. Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh data mengenai peningkatan sikap toleransi siswa dalam pembelajaran tari kelompok dengan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Metode dalam penelitian ini ialah ekperimental melalui pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttes yaitu desain penelitian yang tidak menggunakan kelas control. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran tari kelompok dapat meningkatkan sikap toleransi siswa, yang dapat dilihat dari data setiap pertemuannya. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan nilai t hitung yaitu 5,69 nilai t tabel dicari pada tabel distribusi t dengan db = n -1, db = 34 -1, db = 33 dan taraf signifikasi α = 5% = 0,05, maka t tabel = 1,69. Dengan demikian dapat diputusukan bahwa t hitung > t tabel yang artinya treatment yang dilakukan oleh peneliti berhasil cukup signifikan. Hasil dari penerapan model Student Team Achievement Division dalam pembelajaran tari kelompok ini siswa memiliki rasa saling menghargai, kebersamaan yang tinggi, dan sikap toleransi.
Item Description:http://repository.upi.edu/23542/1/S_SDT_1206214_Title.pdf
http://repository.upi.edu/23542/2/S_SDT_1206214_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/23542/3/S_SDT_1206214_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/23542/4/S_SDT_1206214_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/23542/5/S_SDT_1206214_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/23542/6/S_SDT_1206214_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/23542/7/S_SDT_1206214_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/23542/8/S_SDT_1206214_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/23542/9/S_SDT_1206214_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/23542/10/S_SDT_1206214_Appendix.pdf