PENILAIAN SIKAP PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SERVER di SMKN 2 BANDUNG

Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahn tidak terlaksananya penilaian kompetensi sikap siswa seperti yang dicantumkan di kurikulum 2013 pada mata pelajaran Administrasi Server di SMKN 2 Bandung. Masalah ini muncul karena hasil wawancara para guru produktif di jurusan Teknik Kom...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sari, Yeti Skripta (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-09.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23556/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahn tidak terlaksananya penilaian kompetensi sikap siswa seperti yang dicantumkan di kurikulum 2013 pada mata pelajaran Administrasi Server di SMKN 2 Bandung. Masalah ini muncul karena hasil wawancara para guru produktif di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan terutama kepada guru pengampu mata pelajaran administrasi server yang belum melaksanakan penilaian sikap. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa 35 orang, yang merupakan keseluruhan populasi kelas XI TKJ yang ada di SMKN 2 Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Observasi. Pengolahan data dilakukan dengan mencari nilai modus selama pelakasanaan pengumpulan data. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil belajar siswa pada kompetensi sikap rata-rata berkategori "Baik" dari konversi nilai rata-rata 80. Pada pembelajaran, aktivitas siswa menunjukan sikap yang "Positif" sebesar 80.28 % siswa/i dalam menyikapi pembelajaran hingga berkategori "Baik". Sedangkan nilai rata-rata dari penilaian melalui teman sebaya adalah 80.7 dalam kategori "Baik", begitu pula hasil penilaian melalui guru nilai rata-rata sebesar 82.5 berkategori "Baik" dan penilaian diri sendiri sebesar 81.7 berkategori "Baik. maka dapat dinyatakan bahwa penerapan penilaian sikap melalui teknik penilaian teman sendiri, penilaian guru dan penilaian teman sebaya sangat efektif untuk menentukan nilai sikap pada siswa. taraf kepercayaan 95%.
Item Description:http://repository.upi.edu/23556/1/S_JKR_1104821_Title.pdf
http://repository.upi.edu/23556/2/S_JKR_1104821_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/23556/3/S_JKR_1104821_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/23556/4/S_JKR_1104821_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/23556/5/S_JKR_1104821_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/23556/6/S_JKR_1104821_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/23556/7/S_JKR_1104821_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/23556/8/S_JKR_1104821_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/23556/9/S_JKR_1104821_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/23556/10/S_JKR_1104821_Appendix.pdf