HUBUNGAN ANTARA KONDISI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XII IPS DI SMA ISLAM AL-MUSYAWARAH LEMBANG

Hubungan antara Kondisi Belajar dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Kelas XII IPS SMA Islam Al-Musyawarah Lembang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi belajar bahasa Arab di kelas XII IPS SMA Islam Al-Musyawarah Lembang. Pada hakikatnya dalam proses pembelajaran yang siswa alami itu tujuann...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kusmiati, Ai (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-08-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23561/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Hubungan antara Kondisi Belajar dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Kelas XII IPS SMA Islam Al-Musyawarah Lembang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi belajar bahasa Arab di kelas XII IPS SMA Islam Al-Musyawarah Lembang. Pada hakikatnya dalam proses pembelajaran yang siswa alami itu tujuannya untuk mendapatkan nilai/prestasi belajar yang baik. Untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik maka kondisi belajarpun dituntut harus baik pula. Peneliti memfokuskan masalah ini hanya pada kondisi ekstrernalnya yang indikatornya mencakup pada kondisi lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat dari siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini bersifat korelasional yang merupakan salah satu bagian dari penelitian ex-post-facto, yaitu penelitian ini bukan hanya mendeskripsikan saja tetapi juga bisa memastikan berapa besar hubungan antar variabel dengan sampel 36 siswa siswa. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu teknik dokumentasi dan teknik kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi belajar eksternal berhubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar bahasa Arab dengan koefisien korelasi sebesar 0.315 dan tingkat signifikansi 2.04. Karena variabel tersebut dalam penelitian ini memberikan kontribusi yang paling signifikan dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa. The Correlation between Conditions Learning with Achievement Learn Arabic in Class XII IPS SMA Islamic Al-Musyawarah Lembang. This research is motivated by the conditions studied Arabic in class XII IPS SMA Islam Al-Musyawarah Lembang. In essence, the process of learning the students experienced the aim to get the value / good learning achievement. To get a good learning achievement the conditions required to be good anyway. Researchers focus on this issue only on the condition that the indicator ekstrernalnya includes the school environment, family and community of students. The method used is quantitative. This study is correlational, which is one part of the research ex-post-facto, that this study not only describes but also can verify how much the correlation between variables in a sample of 36 students students. Data collection techniques that researchers use the technique documentation and technical questionnaire. The results showed that the external learning conditions positively and significantly associated with achievement learn Arabic with a correlation coefficient of 0.315 and a significance level 2:04. Because of these variables in this study provides the most significant contribution to the achievement of students studying Arabic.
Item Description:http://repository.upi.edu/23561/1/S_ARB_1100964_Title.pdf
http://repository.upi.edu/23561/2/S_ARB_1100964_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/23561/3/S_ARB_1100964_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/23561/4/S_ARB_1100964_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/23561/5/S_ARB_1100964_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/23561/6/S_ARB_1100964_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/23561/7/S_ARB_1100964_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/23561/8/S_ARB_1100964_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/23561/9/S_ARB_1100964_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/23561/10/S_ARB_1100964_Appendix.pdf