PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI : Studi Eksperimen Kuasi dalam Mata Pelajaran Ekonomi pada Materi Pokok Permintaan, Penawaran dan Keseimbangan Harga Pasar pada Kelas X di SMA Negeri 18 Bandung

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas X pada mata pelajaran Ekonomi dengan materi pokok permintaan, penawaran dan terbentuknya keseimbangan harga pasar di SMA Negeri 18 Bandung...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Prabandari, Fitriana (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23624/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas X pada mata pelajaran Ekonomi dengan materi pokok permintaan, penawaran dan terbentuknya keseimbangan harga pasar di SMA Negeri 18 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalen (Pretest-postest) Control Group Design yang merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan menggunakan seluruh subjek dalam kelompok belajar (intac group) untuk diberi perlakuan (treatment), bukan menggunakan subjek yang diambil secara acak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dan panduan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Statistic Descrivtif, Wilcoxon's Matched Pairs Test dan Mann Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri terbimbing berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi dengan materi pokok permintaan, penawaran dan terbentuknya harga pasar pada kelas X di SMA Negeri 18 Bandung tahun ajaran 2014/2015 dengan kategori peningkatan sedang. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Inkuiri Terbimbing This aim research was conducted to determine the effect of the application of guided inquiry method to increase higher order thinking skills class X on subject matter Economic with the subject matter of demand, supply and the establishment of the balance of the market price at SMAN 18 Bandung in Academic Year 2014/2015. The study design used is Nonequivalen (pretest-posttest) Control Group Design, which is a quasi-experimental study using all subjects in the study group (INTAC group) for treatment, instead of using subjects drawn randomly. Data collection instruments used were a matter of tests to measure the ability of higher level thinking and observation guide. Data analysis technique used was Statistic Descrivtif, Wilcoxon's Matched Pairs Test and Mann Whitney U Test. The results showed that the application of guided inquiry method can enhance the higher order thinking skills of students in economic subjects with the subject matter of demand, supply and market price formation in the tenth grade at SMAN 18 Bandung the academic year 2014/2015. Keywords: Higher Order Thinking Skills, Guided Inquiry
Item Description:http://repository.upi.edu/23624/1/T_PEKO_1202143_Title.pdf
http://repository.upi.edu/23624/7/T_PEKO_1202143_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/23624/8/T_PEKO_1202143_Table-of_content.pdf
http://repository.upi.edu/23624/9/T_PEKO_1202143_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/23624/10/T_PEKO_1202143_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/23624/11/T_PEKO_1202143_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/23624/12/T_PEKO_1202143_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/23624/13/T_PEKO_1202143_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/23624/14/T_PEKO_1202143_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/23624/15/T_PEKO_1202143_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/23624/16/T_PEKO_1202143_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/23624/17/T_PEKO_1202143_Appendix3.pdf
http://repository.upi.edu/23624/18/T_PEKO_1202143_Appendix4.pdf
http://repository.upi.edu/23624/19/T_PEKO_1202143_Appendix5.pdf
http://repository.upi.edu/23624/20/T_PEKO_1202143_Appendix6.pdf
http://repository.upi.edu/23624/21/T_PEKO_1202143_Appendix7.pdf
http://repository.upi.edu/23624/22/T_PEKO_1202143_Appendix8.pdf