MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG MELALUI MEDIA GAMBAR DI SLB B-C YPLAB KOTA BANDUNG

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh media gambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak tunagrahita sedang. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita sedang di SLB B-C YPLAB Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah S...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Afifah, Nur (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23641/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh media gambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak tunagrahita sedang. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita sedang di SLB B-C YPLAB Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Data yang diperoleh akan disajikan ke dalam grafik dan dianalisis dengan metode inspeksi visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan persentase kemampuan berbicara setelah diberikan intervensi melalui media gambar. Peningkatan tersebut dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada mean level pada fase baseline 1 (A1) sebesar 64,63%, mean level pada fase intervensi (B) sebesar 75,91%, dan mean level pada fase baseline 2 (A2) sebesar 79,88%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media gambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak tunagrahita sedang. Peneliti merekomendasikan media gambar digunakan pada setiap pembelajaran dan anak dilatih dalam pengucapannya, sehingga tidak sekedar ditampilkan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya.; The purpose of this research is to get an explanation of the effect of media images to improve speech ability for children with moderate mental retardation. Subject of the research is a child with moderate mental retardation at SLB B-C YPLAB Bandung. The method in this research is Single Subject Research (SSR) by using the A-B-A design. The obtained data will be presented in the chart and analyzed by visual inspection. The results of this research showed the percentage increase in speech ability after being given the intervention through the media images. The increase can be seen by mean level of baseline 1 (A1) is 64,63%, mean level of intervention (B) is 75,91%, and mean level of baseline 2 (A2) is 79,88%. It can be concluded that there is the effect of media image to improve speech ability for children with moderate mental retardation. Researcher recommend that media images used on every learning and children be trained in the pronunciation, so it is not just a displayed. Hope this research can be used as references for further research.
Item Description:http://repository.upi.edu/23641/1/S_PLB_1204901_Title.pdf
http://repository.upi.edu/23641/2/S_PLB_1204901_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/23641/3/S_PLB_1204901_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/23641/4/S_PLB_1204901_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/23641/5/S_PLB_1204901_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/23641/6/S_PLB_1204901_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/23641/7/S_PLB_1204901_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/23641/8/S_PLB_1204901_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/23641/9/S_PLB_1204901_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/23641/10/S_PLB_1204901_Appendix.pdf