PERAN MEDIA INTERAKTIF TIPE DRILL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 3 Bandung

Berdasarkan hasil observasi awal, bahwa minat belajar peserta didik dalam mempelajari geografi di kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 3 Bandung masih tergolong rendah, dari 17 peserta didik hanya 5 orang (29,41%) yang memiliki minat belajar tinggi dan 12 orang (70,59%) memiliki minat yang rendah.Hal tersebu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Oktaviani, Arni (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23833/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 06360 am a22003253u 4500
001 repoupi_23833
042 |a dc 
100 1 0 |a Oktaviani, Arni  |e author 
245 0 0 |a PERAN MEDIA INTERAKTIF TIPE DRILL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 3 Bandung 
260 |c 2016-01-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/23833/1/S_GEO_1106609_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23833/2/S_GEO_1106609_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23833/3/S_GEO_1106609_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23833/4/S_GEO_1106609_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23833/5/S_GEO_1106609_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23833/6/S_GEO_1106609_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23833/7/S_GEO_1106609_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23833/8/S_GEO_1106609_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23833/9/S_GEO_1106609_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23833/10/S_GEO_1106609_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23833/11/S_GEO_1106609_Appendix2.pdf 
520 |a Berdasarkan hasil observasi awal, bahwa minat belajar peserta didik dalam mempelajari geografi di kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 3 Bandung masih tergolong rendah, dari 17 peserta didik hanya 5 orang (29,41%) yang memiliki minat belajar tinggi dan 12 orang (70,59%) memiliki minat yang rendah.Hal tersebut dapat dilihat selama kegiatan belajar mengajar di kelas ada 12 peserta didik yang perhatiannya kurang terhadap materi yang disampaikan, tidak terlihat adanya minat yang kuat untuk belajar geografi. 1 peserta didik yang tidur, 5 bermain handphone dan mendengarkan musik dan 6 berbicara dengan teman yang tidak ada kaitannya dengan pelajaran geografi selama kegiatan belajar berlangsung.Metode pembelajaran yang digunakan sebelumnya yakni metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik adalah media interaktif tipe drill. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menerapkan media interaktif tipe drill, (2) Meningkatkan minat belajar peserta didik, (3) Mengidentifikasi respon peserta didik terhadap kegiatan belajar menggunakan media interaktif tipe drill. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model John Elliot, dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari tiga tindakan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 3 Bandung. Objek penelitian adalah media interaktif tipe drill dan minat belajar. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penerapan media interaktif tipe drill dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran individual.Peserta didik mempelajari materi dan mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat di dalam media pembelajaran secara individu. (2) Penggunaan media interaktif tipe drill dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi sumber daya alam, hal ini terbukti dari akumulasi minat belajar peserta didik yang merupakan gabungan dari aspek perasaan senang, perhatian, partisipasi dan hasil belajar mencapai indikator yaitu 80%. Pada tindakan pertama minat peserta didik hanya mencapai 40,74%, pada tindakan kedua minat belajar peserta didik mencapai 70,71%, kemudian pada tindakan ketiga mengalami peningkatan sehingga minat belajar mencapai 89,6% dan (3) Peserta didik memberikan respon yang positif dengan menyatakan sangat setuju (84,31%) terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media interaktif tipe drill. Dengan demikian penerapan media interaktif tipe drilldapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi sumber daya alam dan memberikan respon positif terhadap peserta didik.; Based on the first observation, that study interest of student to learn Geography in class XI Social 1 Senior High School Pasundan 3 Bandung is still low interest. From 17 students is only 5 persons (29,41%) have high study interest and 12 persons (70,59%) have low interest. That thing was look along study time in class. There is 12 students with low attention about the lesson. There is no hard interest to study Geography. A person was slept, 5 persons play handphone or gadget and listen music, and 6 persons make conservation and no context in Geography lesson along study time. The learning method is lecture type or talkative before, without media learning,. One of media learning can using to increase study interest of student is interactive media drill type. This research purpose to : (1) Applying interactive media drill type, (2) Increasing study interest of student, (3) identifying student respons about this media learning drill type. The method of this research is Action Class Research by John Elliot, in one cycling with 3 actions. Research subject are student class of XI Social 1 Senior High School Pasundan 3 Bandung. Research object are interactive media drill type and study interest. The research instrument are observation sheet, test, and inquiry. The result of research show : (1) Interactive media drill type was applied with individual learning. The student learn about Geography and fill the test with question from the lesson by individual. (2) Used interactive media drill type can increase study interest of student in natural source lesson. It prove with accumulation study interest with combining feeling aspect like happy, attetion, participation, and study result reach indicator to 80%. At first action, student interest is only 40,74%. At second action, student interest reach 70,71%, and the last action increase until 89,6%. And (3) students gave positive respons with agree statement (84,31%) toward learning activity with media interactive tipe drill type. And the conclusion, applying interactive drill type can increase study interest of student to natural source lesson and give positive respons to students. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/23833/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/23833/