PENGGUNAAN TEKNIK MOZAIK MANIK-MANIK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK ADHD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI SEKOLAH KHUSUS BINTANG HARAPAN

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang peningkatan konsentrasi anak ADHD dalam pembelajaran menulis melalui penggunaan teknik mozaik manik-manik di Sekolah Khusus Bintang Harapan Kabupaten Bandung. Dalam penggunaan teknik mozaik manik-manik diperlukan konsentrasi, kesabaran, serta ke...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Heryani, Nanih (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23835/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05077 am a22003133u 4500
001 repoupi_23835
042 |a dc 
100 1 0 |a Heryani, Nanih  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN TEKNIK MOZAIK MANIK-MANIK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK ADHD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI SEKOLAH KHUSUS BINTANG HARAPAN 
260 |c 2016-01-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/23835/1/S_PLB_1106643_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23835/2/S_PLB_1106643_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23835/3/S_PLB_1106643_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23835/4/S_PLB_1106643_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23835/5/S_PLB_1106643_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23835/6/S_PLB_1106643_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23835/7/S_PLB_1106643_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23835/8/S_PLB_1106643_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23835/9/S_PLB_1106643_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23835/10/S_PLB_1106643_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang peningkatan konsentrasi anak ADHD dalam pembelajaran menulis melalui penggunaan teknik mozaik manik-manik di Sekolah Khusus Bintang Harapan Kabupaten Bandung. Dalam penggunaan teknik mozaik manik-manik diperlukan konsentrasi, kesabaran, serta kemampuan berpikir. Konsentrasi diperlukan seseorang dalam melakukan setiap kegiatan. Seseorang yang mampu berkonsentrasi akan mampu memfokuskan perhatiannya terhadap suatu objek yang sedang dikerjakan, dengan begitu ia akan mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik. Begitupun ketika di sekolah, anak-anak harus dapat berkonsentrasi ketika mengikuti kegiatan pembelajaran, seperti pada saat mengerjakan tugas menulis. Pada anak ADHD sangat sulit untuk dapat berkonsentrasi dalam waktu yang lama, karena mereka mengalami hambatan dalam memusatkan perhatiannya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. penelitian dilakukan pada seorang anak ADHD di Sekolah Khusus Bintang Harapan. penelitian ini menggunakan desain Single Subject Research (SSR) atau penelitian subjek tunggal dengan model desain A-B-A. Desain A-B-A yaitu desain dengan dua fase baseline dan satu fase intervensi, yaitu fase baseline 1 (A1), intervensi (B), dan baseline 2 (A2). Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk grafik sebagai representasi dari skor durasi konsentrasi. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik mozaik manik-manik dapat meningkatkan konsentrasi anak ADHD. Setelah mendapat intervensi dengan teknik mozaik manik-manik, subjek mengalami peningkatan konsentrasi dalam pembelajaran menulis. Peningkatan konsentrasi terlihat dari peningkatan skor pada sesi intervensi dan baseline 2, secara keseluruhan konsentrasi subjek mengalami kecenderungan yang menaik positif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang dirumuskan dapat diterima, yaitu teknik mozaik manik-manik dapat meningkatkan konsentrasi anak ADHD pada pembelajaran menulis.; This study aimed to find out the improvement of a child with ADHD's concentration in writing learning with the use of beads mosaic technique at Bintang Harapan Special School. The use of beads mosaic technique required concentration , patience , and the thinking ability. Everyone neds concentration to do every activity. If children can concentrate, they also can focus to the things they do. Therefore, they can finish their work well. Children at school have to concentrate in learning procces as well in writing section for instance. Children with ADHD are very difficult to concentrate for along time because of concentration problems. This study used a quantitative approach with the experimental method. Wich involved a child with ADHD at Bintang Harapan Special School. The design of this study is Single Subject Research (SSR) with A -B -A design. A- B -A design is a two -phase baseline and one intervention phase. Those are A1 (baseline 1), B (intervention), and A2 (baseline 2). The data obtained are presented in graphical form as the score of concentration length representation. Through this study it can be concluded that beads mosaic technique can increase the concentration of a child with ADHD . After the intervention, the participant's concentration is improved in writing learning. The increasing of concentrationcan be seen from the increased scores on intervention sessions and baseline-2. Almost all the participant's concentration has a positive trend . The conclusion of this study indicate that the formulated hypothesis can be accepted , the beads mosaic technique can increase the concentration of a child with ADHD in writing learning. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/23835/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/23835/