PEMBELAJARAN KANJI DASAR MELALUI APLIKASI JA SENSEI PADA MAHASISWA POLTEKES TNI AU BANDUNG

Era baru teknologi informasi dalam pembelajaran telah dimulai, banyak penelitian tentang inovasi dalam hal pembelajaran salah satunya pembelajaran dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi. Sebagai dosen harus dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan agar siswa termoti...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kurniawan, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2475/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Era baru teknologi informasi dalam pembelajaran telah dimulai, banyak penelitian tentang inovasi dalam hal pembelajaran salah satunya pembelajaran dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi. Sebagai dosen harus dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan agar siswa termotivasi untuk terus belajar. Pembelajaran ini diharapkan dapat mempermudah proses pembelajaran karena dapat dibuka di dalam dan di luar kelas. Penelitian ini dapat dijadikan salah satu media alternatif untuk menambah khazanah media pembelajaran bahasa jepang, Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan instrument berupa test dan angket. Dalam penelitian ini terdapat kelompok eksperimen yang akan diberikan pretest untuk mengetahui tingkat kemampuan awal mahasiswa menulis kanji bahasa Jepang. Kemudian kelompok eksperimen diberikan treatment berupa pembelajaran menggunakan aplikasi JA Sensei. Pada tahap akhir, kelompok eksperimen diberi posttest untuk melihat perbedaan kemampuan mahasiswa menulis Bahasa Jepang, apakah terdapat peningkatan dibandingkan hasil pretest. Penelitian ini menggunakan aplikasi JA Sensei yang berbasis multimedia m-learning dalam mengajarkan kanji dasar pada mahasiswa Poltekes TNI AU Bandung. Sekarang mahasiswa Poltekes dituntut agar menguasai Bahasa Jepang secara aktif karena banyak permintaan untuk bekerja di banyak rumah sakit di Jepang. Oleh karena itu penelitian di sekolah-sekolah keperawatan sangat diperlukan dan inovasi pembelajaran harus diterapkan agar para mahasiswa termotivasi untuk belajar Bahasa Jepang. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif antara sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi JA Sensei dalam hal peningkatan kemampuan siswa terhadap pemahaman kanji. Menurut angket secara keseluruhan lebih dari setengah responden menyatakan sangat tertarik belajar dengan menggunakan aplikasi ini karena isinya yang menarik dan dapat belajar dimana saja. Motivasi dan kemampuan mahasiswa menjadi mengalami peningkatan sejak diperkenalkan media pembelajaran ini.; The new era of information technology in learning has been started, a lot of research on innovation in learning one of learning by utilizing information technology sophistication. As a lecturer should be able to create innovative and fun learning so that students are motivated to keep learning. This learning is expected to facilitate the learning process because it can be opened inside and outside the classroom. This study can be used as one of the alternative media to increase knowledge of Japanese language learning media, research method was used quasi experimental instrument in the form of test and questionnaire. In this study there is the experimental group who will be given a pretest to determine the level of the beginning of the student's ability to write kanji Japanese. Then the experimental group was given treatment in the form of learning to use the application JA Sensei. In the final stage, the experimental group were given a posttest to see the differences in the ability of students to write Japanese, whether there is an increase compared to the pretest. This study uses an application JA Sensei multimedia-based m-learning to teach the basic starch in the Poltekes TNI AU students Bandung. Now Poltekes students are required to master the Japanese language actively because many requests for work in many hospitals in Japan. Therefore, research in nursing schools is indispensable and learning innovations should be applied so that the students are motivated to learn Japanese. The results showed a positive influence between before and after using the application JA Sensei in terms of improving the ability of students to the understanding kanji. According to the questionnaire as a whole more than half of the respondents expressed very interested in learning to use this application because of its attractive and can be learned anywhere. Motivation and ability of the students to be increased since the introduction of this learning media.
Item Description:http://repository.upi.edu/24075/2/T_B.JPN_1201699_Title.pdf
http://repository.upi.edu/24075/1/T_B.JPN_1201699_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/24075/3/T_B.JPN_1201699_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/24075/4/T_B.JPN_1201699_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/24075/5/T_B.JPN_1201699_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/24075/6/T_B.JPN_1201699_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/24075/7/T_B.JPN_1201699_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/24075/8/T_B.JPN_1201699_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/24075/9/T_B.JPN_1201699_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/24075/10/T_B.JPN_1201699_Appendix.pdf