RANCANG BANGUN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS QUIZ GAME DENGAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL PADA MATERI JARINGAN DASAR di SMK

Penelitian yang berjudul "Rancang Bangun Multimedia Interaktif Berbasis Quiz Game dengan metode quantum learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual pada materi jaringan dasar di SMK" ini merupakan sebuah penelitian yang bertujuan 1) untuk merancang dan membangun multimedia interaktif...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Pujawari, Bunga (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2476/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04765 am a22003613u 4500
001 repoupi_24076
042 |a dc 
100 1 0 |a Pujawari, Bunga  |e author 
245 0 0 |a RANCANG BANGUN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS QUIZ GAME DENGAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL PADA MATERI JARINGAN DASAR di SMK 
260 |c 2016-06-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/24076/1/S_KOM_1205993_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24076/2/S_KOM_1205993_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24076/4/S_KOM_1205993_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24076/3/S_KOM_1205993_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24076/5/S_KOM_1205993_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24076/6/S_KOM_1205993_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24076/7/S_KOM_1205993_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24076/8/S_KOM_1205993_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24076/8/S_KOM_1205993_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24076/9/S_KOM_1205993_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24076/10/S_KOM_1205993_Appendix2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24076/11/S_KOM_1205993_Appendix3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24076/12/S_KOM_1205993_Appendix4.pdf 
520 |a Penelitian yang berjudul "Rancang Bangun Multimedia Interaktif Berbasis Quiz Game dengan metode quantum learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual pada materi jaringan dasar di SMK" ini merupakan sebuah penelitian yang bertujuan 1) untuk merancang dan membangun multimedia interaktif berbasis quiz game. 2) untuk mendapatkan kajian peningkatan pemahaman konseptual siswa kelompok atas, tengah da bawah setelah diberikan perlakuan berupa pembelajaran interaktif, 3) untuk mendapatkan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbasis quiz game menggunakan metode quantum learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D). Pada tahap implementasi diambil sampel penelitian siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 4 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, angket penelian ahli, angket tanggapan siswa dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa 1) Tahap-tahap dalam pengembangan multimedia memiliki tahap yang sama seperti pada umummnya namun diterapkan metode quantum learning ke dalam multimedia dan hasil penilaian ahli media sebesar 85,00% serta penilaian ahli materi 88,00%. 2) Multimedia interaktif berbasis quiz game dengan metode quantum learning dapat meningkatkan pemahaman konseptual siswa. Hal ini dapat kita lihat dari nilai gain yang diperoleh, kelompok atas sebesar 0,53 pada kategori sedang, kelompok tengah sebesar 0,50 pada kategori sedang, dan kelompok bawah sebesar 0,38 pada kategori rendah 3) Penilaian siswa terhadap multimedia mendapatkan presentase sebesar 80,00%. ; The study, titled "Rancang Bangun Multimedia Interaktif Berbasis Quiz Game dengan Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual pada Materi Jaringan Dasar di SMK" Is a research aiming 1) to design and develop interactive multimedia quiz game based on quantum learning method, 2) to know how interactive multimedia quiz game based on quantum learning method increases conceptual understanding in higher, middle, and lower student group, 3) to know student's respond on multimedia interactive quiz game base on quantum learning method. This research conducted using multimedia development methodology with research and development (R&D)method, while research sample was taken from SMK Negeri 4 Bandung, class X TKJ. Furthermore, the instruments used on this research was students' test, expert's evaluation questionnaire, students' questionnaire, and observation sheet. After conducting the research, it was found that 1)multimedia development used common phases with the addition of quantum learning method and the result of media expert'sevaluation was 85,00%, While content expert's evaluation was 88,00%, 2)Interactive multimedia quiz game based on quantum learning method. It can be seen from the gain value result, in higher group of 0,53 on moderate category, middle group of 0,50 on moderate category, and lower group of 0,38 on low category, 3) student's assessment for this multimedia with presentage of 80,00%. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a QA75 Electronic computers. Computer science 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/24076/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2476/