MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR GULING DEPAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN EDUCATION GYMNASTICS PADA KELAS IV SDN SINDANG II KECAMATAN SUMEDANG UTARA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Sindang II Kecamatan Sumedang Utara Kota Sumedang)

Berdasarkanobservasi di lapangan dan hasiltespraktek pembelajaran gerak dasar guling depan pada kelas IV SDN Sindang II masihkurangmaksimal, ini terlihat darihasilobservasi dataawaldiketahuidari 22 siswa31,82% siswa belum mampu melakukangerak dasar guling depan. Maka dari permasalah ini peneliti men...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sundawa, Bayu (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2417/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Berdasarkanobservasi di lapangan dan hasiltespraktek pembelajaran gerak dasar guling depan pada kelas IV SDN Sindang II masihkurangmaksimal, ini terlihat darihasilobservasi dataawaldiketahuidari 22 siswa31,82% siswa belum mampu melakukangerak dasar guling depan. Maka dari permasalah ini peneliti menerapkan pendekatan education gymnastic pada pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang perencanaan, pelaksanaan, aktivitas siswa dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur pelaksanaannya mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat langkah pada setiap siklusnya. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi perencanaan pembelajaran, kinerja guru, aktivitas siswa dan tes hasil belajar gerak dasar guling depan. Hasil pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus,perencanaan pembelajaranmengalami peningkatan disetiap siklus. Pada siklusI, perencanaan pembelajaran mencapai38,66%, pada siklus II meningkat menjadi65,33%, dan pada siklus III perolehan akhir mencapai94,83%. Pada siklus I, kinerja guru mencapa46,25%, pada siklus II meningkat menjadi65,33%, dan pada pelaksanaan siklus III meningkat lagi menjadi96,66%. Kemudian aktivitas siswa yang berkelakuan sangat baik pada siklus I mencapai 46,25%, Siklus II meningkat menjadi 64,16%, dan siklus III meningkat mencapai 86,36%. Lalu hasil belajar siswa tiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa yang tuntas ada 9 siswa atau40,90% dari jumlah keseluruhan siswa, pada siklus II meningkat menjadi14 siswa atau63,63%, dan pada pelaksanaan siklus III meningkat lagi menjadi20 siswa atau90,9% telah mencapai batas ketuntasan belajar. Dengan demikian upaya meningkatkan gerak dasar pada pembelajaran gerak dasar guling depan pada kelas IV SDN Sindang II Kecamatan Sumedang Utaradapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran gerak dasar guling. Kata kunci: Pembelajaran Gerak Dasar, Guling Depan, Pendekatan Education Gymnastic
Item Description:http://repository.upi.edu/24107/1/s_pgsd_penjas_1304477_title.pdf
http://repository.upi.edu/24107/2/s_pgsd_penjas_1304477_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/24107/3/s_pgsd_penjas_1304477_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/24107/4/s_pgsd_penjas_1304477_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/24107/5/s_pgsd_penjas_1304477_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/24107/6/s_pgsd_penjas_1304477_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/24107/7/s_pgsd_penjas_1304477_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/24107/8/s_pgsd_penjas_1304477_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/24107/9/s_pgsd_penjas_1304477_appendix.pdf