PROGRAM HIPOTETIK BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI

Penelitian dilatarbelakangi oleh fenomena ketidakpuasan terhadap keadaan fisik dan tuntutan penampilan yang menarik pada peserta didik. Bentuk fisik yang kurang ideal dan penampilan pada masa remaja dapat menimbulkan dampak psikologis, salah satunya pada konsep diri. Konsep diri merupakan persepsi,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aziz, Yusef Abdul (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-03.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/24117/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian dilatarbelakangi oleh fenomena ketidakpuasan terhadap keadaan fisik dan tuntutan penampilan yang menarik pada peserta didik. Bentuk fisik yang kurang ideal dan penampilan pada masa remaja dapat menimbulkan dampak psikologis, salah satunya pada konsep diri. Konsep diri merupakan persepsi, pikiran, perasaan, dan sikap peserta didik mengenai dirinya dan bagaimana penilaian orang lain dan lingkungan terhadap peserta didik baik itu menyangkut fisik, psikis, dan sikap yang diperoleh melalui interaksi, sehingga mempengaruhi peserta didik dalam bertindak. Layanan Bimbingan dan Koseling di sekolah perlu mengembangkan program untuk meningkatkan konsep diri peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran konsep diri peserta didik yang dijadikan landasan dalam penyusunan program bimbingan kelompok melalui teknik modeling. Penelitian menggunakan metode deskriptif, dengan menggunakan angket konsep diri dalam bentuk force choice dengan nilai reliabilitas sebesar r=0,98 yang berarti sangat tinggi. Pengambilan sampel dilakukan dengan melibatkan seluruh populasi atau sampling jenuh. Sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X-XI Jurusan Perhotelan SMK Negeri 3 Cimahi tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 143 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Secara umum konsep diri peserta didik mencapai nilai rata-rata 48,77 yang berarti berada pada kategori positif, 2) Pencapaian aspek fisik pada keseluruhan dimensi berada pada kategori positif, aspek psikis pada keseluruhan dimensi berada pada kategori positif, dan aspek sikap pada keseluruhan dimensi berada pada kategori positif, 3) Peserta didik laki-laki memiliki konsep diri lebih baik dibandingkan peserta didik perempuan, dan 4) Merancang program hipotetik bimbingan kelompok melalui teknik modeling untuk meningkatkan konsep diri. ; The study was based on phenomenon are not satisfied with their physical and the demands of interesting appearance on students. The appearance and physical which is not ideal in adolescence can cause psychological effects, one of them is the self concept.The self concept is perseption, thinking, feeling and student attitudes about herself and how the others and the encironment judgement to the students included physical, psychological, and attitude which found by interaction, so it is influence the students in act. Guidance and counseling in the school are necessary to develop program to improve the student's self concept. The aim of this research is to know the students self concept illustration to be reliefd on making program of group guidance using modeling technique. This research uses descriptive methode, with the questionnaire of the self concept uses force choice with reliabilitas value as r=0,98 it means that have rank of very high. In collecting the sample, takes all of the population or survey. Sample of this research are all of the hotel management students X-XI grade of SMK Negeri 3 Cimahi periode 2014/2015consisting are 143 students. The result of this research shows: 1) In general the student's self concept reach the average value 48,77 is means in the positive self concept category, 2) Accomplishment the physical aspect in all dimension there are in the positive category, psychological aspect in all dimension there are in the positive category, and attitude aspect in all dimension there are in the positive category, 3) Male students has the self concept better than female students, and 4) Making the hypothetical program of group guidance using modeling techniques to improve the self concept.
Item Description:http://repository.upi.edu/24117/1/S_PPB_0901730_Title.pdf
http://repository.upi.edu/24117/2/S_PPB_0901730_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/24117/3/S_PPB_0901730_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/24117/4/S_PPB_0901730_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/24117/5/S_PPB_0901730_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/24117/6/S_PPB_0901730_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/24117/7/S_PPB_0901730_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/24117/8/S_PPB_0901730_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/24117/9/S_PPB_0901730_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/24117/10/S_PPB_0901730_Appendix.pdf