PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT ( TEAM GAME TOURNAMENT ) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MINI : Penelitian Tindakan Kelas di kelas V SDN Tilil 3 Bandung

Besarnya tingkat partisipasi siswa merupakan hal penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi mengenai partisipasi siswa di SDN Tilil 3 Kota Bandung terlihat sangat rendah, siswa terlihat sangat kurang berpartisipasi pada saat materi permaianan sepak bola mini. Tujuan penelitian in...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fatryoki, Ogest Prawira (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/24119/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04641 am a22003253u 4500
001 repoupi_24119
042 |a dc 
100 1 0 |a Fatryoki, Ogest Prawira  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT ( TEAM GAME TOURNAMENT ) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MINI : Penelitian Tindakan Kelas di kelas V SDN Tilil 3 Bandung 
260 |c 2016-06-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/24119/1/S_SDP_1203240_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24119/2/S_SDP_1203240_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24119/3/S_SDP_1203240_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24119/4/S_SDP_1203240_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24119/5/S_SDP_1203240_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24119/6/S_SDP_1203240_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24119/7/S_SDP_1203240_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24119/8/S_SDP_1203240_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24119/9/S_SDP_1203240_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24119/10/S_SDP_1203240_Appendix.pdf 
520 |a Besarnya tingkat partisipasi siswa merupakan hal penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi mengenai partisipasi siswa di SDN Tilil 3 Kota Bandung terlihat sangat rendah, siswa terlihat sangat kurang berpartisipasi pada saat materi permaianan sepak bola mini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe TGT memberikan pengaruh terhadap peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran permainan sepak bola mini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat partisipasi siswa berupa angket. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tilil 3 Kota Bandung Kecamatan Coblong, Kota Bandung dengan subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas V yang berjumlah 40 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran permainan sepak bola mini memberikan pengaruh terhadap peningkatan partisipasi siswa kelas V di SDN Tilil 3 kota Bandung. Pada siklus pertama pada pertemuan I didapat persentasi pencapaian adalah 48,90 % dan pertemuan II didapat persentase pencapaian adalah 56,80 %. Pada siklus kedua Pertemuan I didapat persentase pencapaian adalah 63,20 % dan pertemuan II adalah 84,40%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan kerjasama siswa pada siswa kelas V di SDN Tillil 3 Kota Bandung. ; The level of student participation is important in the learning process. Based on observations regarding student participation in the SDN Tilil 3 Bandung look very low, the students looked very less time participating in games or mini football material. The purpose of this study was to determine whether the model of cooperative learning TGT to give effect to the increased participation of students in a mini football game. The method used in this research is a classroom action research using an instrument used to measure the level of student participation in the form of a questionnaire. This research was conducted in SDN Tilil 3 Coblong District of Bandung, Bandung with research subjects taken were students of class V were about 40 people. Based on the results of research show that the cooperative learning model TGT learning mini football game to give effect to the increased participation of fifth grade students at SDN Tilil 3 Bandung. In the first cycle at a meeting I obtained percentage was 48.90% and the achievement of the meeting II obtained a percentage attainment is 56.80%. In the second cycle of meetings I obtained percentage was 63.20% and the achievement of the meeting II is 84.40%. It can be concluded that the implementation of cooperative learning model TGT can improve student collaboration in the fifth grade students at SDN Tillil 3 Bandung. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
690 |a RC1200 Sports Medicine 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/24119/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/24119/