PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN GERAK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas V SD Negeri Cikeisi II Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang)

Berdasarkan observasi dilapangan dan hasil tes praktek gerak dasar permainan sepak bola pada siswa kelas V SDN Cikeusi II Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang dalam melakukan gerak dasar passing, stopball, dribbling masih kurang maksimal, data awal diketahui dari 28 siswa, dikatakan 32% atau 9 sis...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Pranajaya, Deni (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/24124/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02820 am a22002773u 4500
001 repoupi_24124
042 |a dc 
100 1 0 |a Pranajaya, Deni  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN GERAK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas V SD Negeri Cikeisi II Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang) 
260 |c 2017-06-22. 
500 |a http://repository.upi.edu/24124/1/s_pgsd_penjas_1305254_title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24124/2/s_pgsd_penjas_1305254_table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24124/3/s_pgsd_penjas_1305254_chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24124/4/s_pgsd_penjas_1305254_chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24124/5/s_pgsd_penjas_1305254_chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24124/6/s_pgsd_penjas_1305254_chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24124/7/s_pgsd_penjas_1305254_chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24124/8/s_pgsd_penjas_1305254_bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24124/9/s_pgsd_penjas_1305254_appendix.pdf 
520 |a Berdasarkan observasi dilapangan dan hasil tes praktek gerak dasar permainan sepak bola pada siswa kelas V SDN Cikeusi II Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang dalam melakukan gerak dasar passing, stopball, dribbling masih kurang maksimal, data awal diketahui dari 28 siswa, dikatakan 32% atau 9 siswa mampu melakukan gerak dasar passing, stopball, dribbling dalam permainan sepak bola. Maka permasalahan ini peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsawuntuk mengingkatkan gerak dasar permainan sepak bola. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur pelaksanaannya mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat langkah pada setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw penelitian ini tuntas dalam tiga siklus.Pada hasil belajar siswa siklus I menghasilkan 67% atau sebanyak 17 dari 28 siswa, pada siklus II meningkat 21 siswa atau 75%, dan pada siklus III meningkst kembali menjadi 26 siswa atau 93% telah mencapai batas ketuntasan belajar. Dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan bahwa melaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsawdapat meningkatkan pembelajaran gerak dasar permainan sepak bola pada siswa kelas V SDN CikeusiII Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. A s d f g h j i s d s a. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Sepak bola 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/24124/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/24124/