MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI JARAK PENDEK MELALUI PERMAINAN SIMPAN KELERENG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT

Berdasarkanobservasi di lapangan, hasilteskemampuangerakdasarlarijarakpendekmelaluipermainansimpankelerengmenggunakan model kooperatiftipeTGTpadasiswakelas V SDN Tanjungjayamasihkurangmaksimal.Berdasarkanhasilobservasi data awaldiketahuidari 28 siswa, hanya 10 siswa (24,50%), yang sudahmemenuhikrite...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ginanjar, Jeni (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/24166/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Berdasarkanobservasi di lapangan, hasilteskemampuangerakdasarlarijarakpendekmelaluipermainansimpankelerengmenggunakan model kooperatiftipeTGTpadasiswakelas V SDN Tanjungjayamasihkurangmaksimal.Berdasarkanhasilobservasi data awaldiketahuidari 28 siswa, hanya 10 siswa (24,50%), yang sudahmemenuhikriteriaketuntasan minimal dansebanyak 18 siswa (65,50%), belummampumelakukangerakdasarlarijarakpendekdenganbaik. Adapun yang melatarbelakangimasalahtersebutadalahsiswamasihkurangmemahamidankesulitansaatmelakukangerakdasarlarijarakpendek. Salah satucara yang dianggaptepatuntukmeningkatkanhasilbelajardalammeningkatkankemampuangerakdasarlarijarakpendekadalahdenganmenerapkanpermainansimpankelereng yang dikemasmenggunakan model kooperatiftipeTGT. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Siklus I perencanaan pembelajaranmencapai 68%, siklus II 80,40%, siklus III 96,40%,melebihi target 90%. Hasilkinerja guru siklus I, mencapai 65%, siklus II 79,60%, siklus III mencapai 96,25%, telahmencapai target 90%. Aktivitassiswasiklus I mencapai 28,60%, siklus II 71,40%, siklus II 96,40%. Padahasilbelajarsiswapadasiklus I, darijumlah 28 siswa, mendapatkategorituntas 16 siswaatau 57,10%, padasiklus II menjadi 23 siswaatau 82,10%, danpadasiklus III meningkatkembalimenjadi 27 siswaatau 96,40%, darikelseluruhan 28 siswadantelahmencapaibahkanmelebihi target 90%. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwameningkatkangerakdasarlarijarakpendekmelaluipermainansimpankelerengmenggunakan model kooperatiftipeTGTdengantigasiklustelahmampumeningkatkanpembelajarangerakdasarlarijarakpendekpdasiswakelas V SDN Tanjungjaya, melaluiindikatortercapainya 96,40% siswamenunjukanpeningkatan yang sesuaidengantujuanpembelajaranselamamengikutikegiatanpembelajaranpendidikan, Jasmani, Olahraga, danKesehatan.
Item Description:http://repository.upi.edu/24166/1/s_pgsd_penjas_1306612_title.pdf
http://repository.upi.edu/24166/2/s_pgsd_penjas_1306612_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/24166/3/s_pgsd_penjas_1306612_capter1.pdf
http://repository.upi.edu/24166/4/s_pgsd_penjas_1306612_capter2.pdf
http://repository.upi.edu/24166/5/s_pgsd_penjas_1306612_capter3.pdf
http://repository.upi.edu/24166/6/s_pgsd_penjas_1306612_capter4.pdf
http://repository.upi.edu/24166/7/s_pgsd_penjas_1306612_capter5.pdf
http://repository.upi.edu/24166/8/s_pgsd_penjas_1306612_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/24166/9/s_pgsd_penjas_1306612_appendix.pdf