UPAYA MENINGKATAKAN GERAK DASAR LARI SPRINT MELALUI PERMAINAN MENGAMBIL BENDA PAD SISWA KELAS V SDN DARMARAJA III KECAMATAN DARMARAJA KABUPATEN SUMEDANG

Penelitian ini berdasarkan dari hasil belajar siswa kelas V yang pembelajaranya masih jauh apa yang diharpakan baik. Permasalahan disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang menarik dan guru yang kurang kreatif mengembangkan metode dalam pelaksanaan pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan ter...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Saputro, Jumari (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2417/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini berdasarkan dari hasil belajar siswa kelas V yang pembelajaranya masih jauh apa yang diharpakan baik. Permasalahan disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang menarik dan guru yang kurang kreatif mengembangkan metode dalam pelaksanaan pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan metode permainan mengambil benda dalam pembelajaran pendidikan jasmani.Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja guru dalam perencanakan, melaksanakan, untuk mengetahui aktivitas siswa, dan hasil belajar proses penerapan permainan mengambil benda untuk meningkatkan gerak dasar lari sprint pada siswa kelas V SDN Darmaraja III, Kecamatan Darmaraja III, Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan model PTK, prosedur mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari empat langkah pada setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu setiap siklus menggunakanpermainan mengambil bendadan penelitian tuntas dalam tiga siklus. Instrumen terdiri dari lembar observasi, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, aktivitas siswa, hasil belajar, catatan lapangan, wawancara siswa, dan guru. Perencanaan pembelajaranmengalamipeningkatan tiap siklusnya, pada siklus III mendapat hasil 95,82%dengan kategori baik, proseskinerja guru pada siklus III mendapat hasil 94,2% dengan kategori baik, dan peningkatan aktivitas siswa siklus III mendapat hasil 92% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa siklus I menghasilkan (48%) atau 12 siswa telah mencapai batas ketuntasan, pada siklus II meningkat menjadi 15 siswa atau (60%), dan pada siklus III 20 siswa atau (80%) telah mencapai batas ketuntasan belajar. Pelaksanaan PTK dapat disimpulkan bahwa permainan megambil bendameningkatkan pembelajaran gerak dasar lari sprint pada siswa kelas V SDN Darmaraja III berhasil. Kata kunci: Atletik, lari sprint, permainan
Item Description:http://repository.upi.edu/24170/1/s_pgsd_penjas_1302101_title.pdf
http://repository.upi.edu/24170/2/s_pgsd_penjas_1302101_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/24170/3/s_pgsd_penjas_1302101_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/24170/4/s_pgsd_penjas_1302101_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/24170/5/s_pgsd_penjas_1302101_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/24170/6/s_pgsd_penjas_1302101_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/24170/7/s_pgsd_penjas_1302101_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/24170/8/s_pgsd_penjas_1302101_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/24170/9/s_pgsd_penjas_1302101_appendix.pdf