PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CAI MODEL TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALGORITMA PEMROGRAMAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia pembelajaran interaktif berbasis Computer Assisted Instruction model tutorial terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar dengan materi Algoritma Pemrograman. Penilaian hasil belajar hanya menekankan pada aspek kogn...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Basit, Aa Abdul (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-05-20.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2421/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05339 am a22003253u 4500
001 repoupi_24201
042 |a dc 
100 1 0 |a Basit, Aa Abdul  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CAI MODEL TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALGORITMA PEMROGRAMAN 
260 |c 2016-05-20. 
500 |a http://repository.upi.edu/24201/1/S_KOM_1005352_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24201/2/S_KOM_1005352_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24201/3/S_KOM_1005352_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24201/4/S_KOM_1005352_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24201/5/S_KOM_1005352_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24201/6/S_KOM_1005352_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24201/7/S_KOM_1005352_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24201/8/S_KOM_1005352_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24201/9/S_KOM_1005352_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24201/10/S_KOM_1005352_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia pembelajaran interaktif berbasis Computer Assisted Instruction model tutorial terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar dengan materi Algoritma Pemrograman. Penilaian hasil belajar hanya menekankan pada aspek kognitif yang meliputi pengetahuan dan pemahaman. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan multimedia dan untuk mengetahui kelayakan multimedia dari penilaian para ahli serta untuk mengetahui penilaian siswa terhadap multimedia. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X RPL 2 SMKN 4 Tasikmalaya. Data awal penelitian ini didapat dari hasil wawancara, observasi, dan pengisian angket survey pendahuluan penelitian terhadap guru dan siswa. Kemudian, data penilaian kelayakan multimedia didapat dari pengisian instrumen kelayakan multimedia oleh para ahli. Instrumen kelayakan multimedia ini menggunakan instrumen Learning Object Review Instrument (LORI). Lalu, data penilaian siswa terhadap multimedia diperoleh dari pengisian angket oleh siswa yang dirancang oleh Wahono. Untuk data hasil belajar siswa diperoleh dari perhitungan nilai pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Seluruh siswa mengalami peningkatan hasil belajar setelah menggunakan multimedia, dengan rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 0.61 atau 61% dengan kategori peningkatan Sedang; 2) Multimedia dinilai Sangat Baik dan layak digunakan dengan rata-rata persentase kelayakan sebesar 76.67% oleh ahli media dan 83.33% oleh ahli materi; 3) Siswa memberikan penilaian yang baik terhadap multimedia dengan rata-rata persentase sebesar 81.70% yang termasuk kedalam kategori Sangat Baik. 4) Dengan resiko kesalahan 5% bahwa semakin tinggi respon siswa terhadap multimedia maka semakin tinggi peningkatan (gain) hasil belajar siswa.; The purpose of this research is to know the influence interactive learning multimedia based on Computer Assisted Instruction tutorial model toward the students learning achievement at lesson base programming with programming algorithm. The assessment of the result study just focus to cognitive aspect which comprise knowledge and comprehension. This research also purpose to know the response students to learning with use multimedia and to know advisability multimedia from assessment of the experts also to know the students assessment about multimedia. The method of the research use qualitative method and quantitative method. This research take place in Class X RPL 2 SMKN 4 Tasikmalaya. The first data get from the result of interview, observation, and admission filling questionnaire survey toward teachers and students. Next, multimedia advisability assessment data get from admission filling multimedia advisability questionnaire by the experts. This multimedia advisability questionnaire use the instrument of Learning Object Review Instrument (LORI). Then, the students assessment data toward multimedia get by admission filling questionnaire for sudent has made by Wahono. For the student study result data get from calculation value pretest and post-test. The result from this research that is: 1) All students have experience upgrading the result study after use multimedia, with average upgrading the result study as big as 0.61 or 61% with upgrading category is middle. 2) The value of multimedia is very good and proper to use with average advisability percentage as big as 76.67% by media experts and 83.33% by content experts. 3) The students give a good assessment toward multimedia with percentage average as big as 81.70% which included category very good. 4) With a 5% risk of error that the higher the students response to the higher multimedia enhancement (gain) of student learning achievement. 
546 |a en 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a Q Science (General) 
690 |a QA75 Electronic computers. Computer science 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/24201/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2421/