PERBANDINGAN KEBUGARAN JASMANI SISWA YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM KTSP DENGAN SISWA YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM KURTILAS

Perubahan kurikulum merupakan hal yang mutlak yang akan terjadi. Hal tersebut dikarenakan perubahan zaman yang menuntut lulusan dari lembaga pendidikan yang terus meningkat seiring berjalannya waktu. Perubahan kurikulum mencakup keseluruhan aspek, termasuk aspek kebugaran jasmani siswa. Kebugaran ja...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sidiq, Mohamad (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/24229/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02997 am a22002773u 4500
001 repoupi_24229
042 |a dc 
100 1 0 |a Sidiq, Mohamad  |e author 
245 0 0 |a PERBANDINGAN KEBUGARAN JASMANI SISWA YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM KTSP DENGAN SISWA YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM KURTILAS 
260 |c 2017-06-22. 
500 |a http://repository.upi.edu/24229/1/s_pgsd_penjas_1303964_title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24229/2/s_pgsd_penjas_1303964_table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24229/3/s_pgsd_penjas_1303964_chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24229/4/s_pgsd_penjas_1303964_chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24229/5/s_pgsd_penjas_1303964_chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24229/6/s_pgsd_penjas_1303964_chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24229/7/s_pgsd_penjas_1303964_chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24229/8/s_pgsd_penjas_1303964_bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24229/9/s_pgsd_penjas_1303964_appendix.pdf 
520 |a Perubahan kurikulum merupakan hal yang mutlak yang akan terjadi. Hal tersebut dikarenakan perubahan zaman yang menuntut lulusan dari lembaga pendidikan yang terus meningkat seiring berjalannya waktu. Perubahan kurikulum mencakup keseluruhan aspek, termasuk aspek kebugaran jasmani siswa. Kebugaran jasmani merupakan aspek yang bisa diukur dan diberikan penilaian. Dalam penelitian ini, dalam rangka mengetahui efek dari perubahan kurikulum terhadap kebugaran jasmani, maka peneliti melakukan penelitian terkait perbandingan kebugaran jasmani siswa yang menggunakan kurikulum KTSP dengan siswa yang menggunakan kurikulum Kurtilas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Desain yang digunakan dalam penelitian ini merupakan desain komparatif yakni membandingkan satu kelompok sampel dengan kelompok lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD di kecamatan Cisitu, sedangkan populasinya adalah siswa kelas V di SDN Malingping dan siswa kelas V di SDN Corenda Kecamatan Cisitu. Teknik sampling yang digunakan merupakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 10-12 tahun. Teknik analisis data menggunakan uji-t perbandingan dua sampel dengan uji pra-syarat normalitas dan homogenitas. Hasil analisis data menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kebugaran jasmani siswa yang menggunakan kurikulum KTSP dengan siswa yang menggunakan kurikulum Kurtilas. Hal tersebut berdasarkan taraf signifikansi senilai 0,138 lebih besar dari taraf alfa senilai 0,05 (Sig>α =0,05). Kata Kunci: Kebugaran Jasmani, KTSP, Kurtilas 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/24229/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/24229/