PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas V SDN Cinangsi di Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang)

Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN Cinangsi Kecamatan buahdua Kabupaten Sumedang, diketahui bahwa hasil belajar siswa pada materi tersebut masih sangat rendah. Penyebabnya yaitu karena proses pembelajaran masih bersifat teach...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Munawaroh, Ai Nani (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2429/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN Cinangsi Kecamatan buahdua Kabupaten Sumedang, diketahui bahwa hasil belajar siswa pada materi tersebut masih sangat rendah. Penyebabnya yaitu karena proses pembelajaran masih bersifat teacher center, guru hanya menggunakan metode ceramah dalam melaksanakan pembelajaran. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan model Learning Cycle. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas V yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain dari Kemmis dan Mc. Taggart dan dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Instrumen penelitan yang digunakan yaitu pedoman observasi kinerja guru perencanaan dan pelaksanaan, pedoman observasi aktivitas siswa, pedoman wawancara guru dan siswa, format catatan lapangan, dan soal tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sebanyak tiga siklus diperoleh peningkatan hasil belajar yang baik. Persentase siswa yang tuntas mencapai nilai KKM pada data awal hanya mencapai 22,6%, kemudian setelah dilaksanakan tindakan dengan menerapkan model learning cycle persentase siswa yang tuntas meningkat pada siklus I menjadi 54,8%, siklus II meningkat kembali menjadi 80,6%, dan pada siklus III mengalami peningkatan kembali menjadi 94%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya. Kata Kunci: Model learning cycle, hasil belajar, sifat-sifat cahaya
Item Description:http://repository.upi.edu/24290/1/s_pgsd_kelas_1301297_title.pdf
http://repository.upi.edu/24290/2/s_pgsd_kelas_1301297_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/24290/3/s_pgsd_kelas_1301297_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/24290/4/s_pgsd_kelas_1301297_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/24290/5/s_pgsd_kelas_1301297_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/24290/6/s_pgsd_kelas_1301297_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/24290/7/s_pgsd_kelas_1301297_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/24290/8/s_pgsd_kelas_1301297_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/24290/9/s_pgsd_kelas_1301297_appendix.pdf