PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATERI DAUR AIR

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan inkuiri terbimbing dilatarbelakangi oleh permasalahan pada proses pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan proses pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hayati, Ai Ratna Nur (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2431/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02523 am a22002773u 4500
001 repoupi_24301
042 |a dc 
100 1 0 |a Hayati, Ai Ratna Nur  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATERI DAUR AIR 
260 |c 2017-06-22. 
500 |a http://repository.upi.edu/24301/1/s_pgsd_kelas_1305894_title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24301/2/s_pgsd_kelas_1305894_table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24301/3/s_pgsd_kelas_1305894_chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24301/4/s_pgsd_kelas_1305894_chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24301/5/s_pgsd_kelas_1305894_chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24301/6/s_pgsd_kelas_1305894_chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24301/7/s_pgsd_kelas_1305894_chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24301/8/s_pgsd_kelas_1305894_bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24301/9/s_pgsd_kelas_1305894_appendix.pdf 
520 |a Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan inkuiri terbimbing dilatarbelakangi oleh permasalahan pada proses pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan proses pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan inkuiri terbimbing pada materi daur air. Inkuiri terbimbing memiliki lima tahapan pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis siswa yang di tingkatkan dalam penelitian ini menggunakan 5 indikator yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lanjut, serta mengatur strategi dan taktik. Desain PTK dalam penelitian ini adalah desain yang dikembangkan oleh kemmis taggart yang terdiri dari tiga siklus. Partisipan penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Cimalaka II.Temuan penelitian ini menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Nilai rata-rata hasil tes siswa adalah 57,5 pada siklus I, 70,4 pada siklus II dan 80,4 pada siklus III. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan inkuiri terbimbing meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: inkuiri terbimbing, berpikir kritis, daur air 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/24301/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2431/