PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK: Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV di SDN Cigadung Kota Bandung

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD melalui pembelajaran pendidikan matematika realistik. Pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa dan tujuan dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hadisuryani, Pristiany (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-07-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2445/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02610 am a22003373u 4500
001 repoupi_24405
042 |a dc 
100 1 0 |a Hadisuryani, Pristiany  |e author 
245 0 0 |a PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK: Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV di SDN Cigadung Kota Bandung 
260 |c 2017-07-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/24405/1/S_PGSD_0902932_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24405/2/S_PGSD_0902932_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24405/3/S_PGSD_0902932_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24405/4/S_PGSD_0902932_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24405/5/S_PGSD_0902932_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24405/6/S_PGSD_0902932_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24405/7/S_PGSD_0902932_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24405/8/S_PGSD_0902932_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24405/9/S_PGSD_0902932_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24405/10/S_PGSD_0902932_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD melalui pembelajaran pendidikan matematika realistik. Pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa dan tujuan dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SDN Cigadung Kota Bandung. Peneliti menggunakan dua kelas, kelas pertama sebagai kelompok yang memperoleh pembelajaran pendidikan matematika realistik sedangkan kelas kedua menggunakan pembelajaran ekspositori. Sebelum dilakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan pengujian instrumen penelitian kemampuan pemecahan masalah matematis untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa instrumen tes valid dan reliabel sehingga dapat digunakan sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran pendidikan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika ekspositori. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1501 Primary Education 
690 |a QA Mathematics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/24405/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2445/