PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA LOW VISION DI KELAS X SMA NEGERI 6 BANDUNG

SMA Negeri 6 Kota Bandung bergerak sebagai sekolah inklusif. Kasus yang ditemukan adalah adanya penurunan motivasi belajar oleh siswa low vision dalam mata pelajaran matematika. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah mengenai pembelajaran matematika siswa low vision di kelas X SMA Ne...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dewi, Lusiana Lustika (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/24494/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04736 am a22003613u 4500
001 repoupi_24494
042 |a dc 
100 1 0 |a Dewi, Lusiana Lustika  |e author 
245 0 0 |a PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA LOW VISION DI KELAS X SMA NEGERI 6 BANDUNG 
260 |c 2016-06-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/24494/1/S_PLB_1206460_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24494/2/S_PLB_1206460_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24494/3/S_PLB_1206460_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24494/4/S_PLB_1206460_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24494/5/S_PLB_1206460_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24494/6/S_PLB_1206460_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24494/7/S_PLB_1206460_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24494/8/S_PLB_1206460_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24494/9/S_PLB_1206460_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24494/10/S_PLB_1206460_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24494/11/S_PLB_1206460_Appendix2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24494/12/S_PLB_1206460_Appendix3.pdf 
520 |a SMA Negeri 6 Kota Bandung bergerak sebagai sekolah inklusif. Kasus yang ditemukan adalah adanya penurunan motivasi belajar oleh siswa low vision dalam mata pelajaran matematika. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah mengenai pembelajaran matematika siswa low vision di kelas X SMA Negeri 6 Kota Bandung. Hal yang diungkap mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, kendala pembelajaran, dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pembelajaran matematika atas permasalahan yang dikeluhkan oleh siswa low vision pada studi pendahuluan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi teknik. Subjek penelitian terdiri dari siswa low vision, guru matematika, wakasek kesiswaan (ketua pokja inklusif SMA Negeri 6 Bandung) dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika untuk siswa low vision sudah dilakukan sesuai dengan kebutuhan siswa, sekolah sedang berupaya dalam penyediaan media pembelajaran dan penguatan sumber daya manusia dalam penyelenggaraan pelayanan inklusif. Hasil penelitian merekomendasikan agar pihak sekolah lebih memperkuat persepsi dan memberikan dukungan serta dorongan khususnya kepada guru yang terkait dalam melayani dan melaksanakan pembelajaran untuk siswa low vision. Menjalain kerjasama dengan jaringan luar sekolah yang dapat membantu mensukseskan pelayanan pendidikan inklusif di SMA Negeri 6 Bandung. ; This study reveals the problems on mathematics learning towards low vision students in tenth grade of SMAN 6 Bandung. The problems include lesson plans, learning implementation, learning evaluation, learning problems, and efforts made in overcoming learning obstacle. This study aims to investigate the overviewof mathematics learning of the issues complained of by the students with low vision in the preliminary study. The approach used in this study is qualitative case study method. The data collections used were deep interviews, observation, and documentation study. The triangulation technique is used to test the data validity. Based on the result and discussion, the mathematics learning to low vision students in inclusive school has not been done properly. Teachers do not make a lesson plan, the school doesn't have a clear and systematic inclusive program service, the difficultiesarise from the lack of perception and awareness from teachers to serve students with special needs have not been evenly distributed, the implementation and learning evaluation has not fully adjust with the need of students with special needs such as low vision students. The result of this study recommends the school to fix the service system in written clearly, and systematically in accordancewith school's vision and mission. And to make cooperation with a network outside of the school who can help to create an inclusive education service in SMAN 6 Bandung. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB2300 Higher Education 
690 |a LC Special aspects of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/24494/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/24494/