PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya gejala rendahnya keterampilan sosial pada diri siswa, seperti kurangnya sikap toleransi, kerja sama dan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas kelompok yang diberikan oleh guru. Hal tersebut membuat peneliti perlu menumbuhkan keterampilan sosial siswa d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Karimah, Hanna (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-07-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/24612/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya gejala rendahnya keterampilan sosial pada diri siswa, seperti kurangnya sikap toleransi, kerja sama dan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas kelompok yang diberikan oleh guru. Hal tersebut membuat peneliti perlu menumbuhkan keterampilan sosial siswa dengan cara menyusun strategi dalam pembelajaran. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan model kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V salah satu sekolah dasar di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 5 SDN CK Bandung yang berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan catatan lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi yang digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif dan tes hasil belajar sebagai data kuantitaif. Hasil observasi diolah dengan reduksi data, klasifikasi data, display data dan verifikasi data. Sedangkan tes diolah dengan menghitung nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) ini dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VA. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase keterampilan sosial siswa pada siklus I mencapai 68,2% . sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87,2% dan pada siklus III meningkat menjadi 91,5%.; Background of this research is the lack of social skill of students. This can be seen from the absence of tolerance, cooperation and responsibility in the task group. It makes researchers feel the need to develop the students' social skills by how to strategize in learning. The general objective of this research was to describe implementation Teams Game Tournament (TGT) the type of cooperative learning model to improve the social skills of fifth grade students in CK elementary schools. This study uses methods classroom action research according to Kemmis and Mc. Taggart consisting of planning, implementation, observation, and reflection. Participants in this study were teachers and students in fifth grade CK elementary school Bandung, amounting to 22 peoples. The research instrument used is the observation sheet teacher and student activities and field notes. The data collection is done by observation techniques used to collect qualitative data and test results of learning as quantitative data. The results of observations processed with data reduction, data classification, data display and data verification. While, the test processed by calculating the average value and the percentage of mastery learning. The conclusion from this research is the implementation of the Teams Games Tournament (TGT) the type of cooperative learning model can improve social skills fifth grade students. It's evident from the increase in the percentage of social skills of students in the first cycle reached 68.2%, in the second cycle increased to 87.2% and in the third cycle increased to 91.5%.
Item Description:http://repository.upi.edu/24612/9/S_PGSD_1200335_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/24612/1/S_PGSD_1200335_Title.pdf
http://repository.upi.edu/24612/2/S_PGSD_1200335_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/24612/3/S_PGSD_1200335_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/24612/4/S_PGSD_1200335_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/24612/5/S_PGSD_1200335_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/24612/6/S_PGSD_1200335_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/24612/7/S_PGSD_1200335_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/24612/8/S_PGSD_1200335_Bibliography.pdf