PENERAPAN MODEL PEMBELAARAN INKUIRI PADA MATERI SIFAT-SIFAT BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Sifat-sifat Benda di Kelas IV SDN Lembursitu Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang)

Dari observasi awal yang dilakukan di kelas IV SDN Lembursitu oleh peneliti terdapat permasalahan yang muncul, yaitu pada proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dan belum melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran kurang bermakna dan siswa tidak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dahlia, Desi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/24618/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03471 am a22002773u 4500
001 repoupi_24618
042 |a dc 
100 1 0 |a Dahlia, Desi  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAARAN INKUIRI PADA MATERI SIFAT-SIFAT BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Sifat-sifat Benda di Kelas IV SDN Lembursitu Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang) 
260 |c 2017-06-22. 
500 |a http://repository.upi.edu/24618/1/s_pgsd_kelas_1306379_title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24618/2/s_pgsd_kelas_1306379_table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24618/3/s_pgsd_kelas_1306379_chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24618/4/s_pgsd_kelas_1306379_chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24618/5/s_pgsd_kelas_1306379_chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24618/6/s_pgsd_kelas_1306379_chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24618/7/s_pgsd_kelas_1306379_chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24618/8/s_pgsd_kelas_1306379_bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24618/9/s_pgsd_kelas_1306379_appendix.pdf 
520 |a Dari observasi awal yang dilakukan di kelas IV SDN Lembursitu oleh peneliti terdapat permasalahan yang muncul, yaitu pada proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dan belum melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran kurang bermakna dan siswa tidak termotivasi untuk belajar. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Berdasakan hasil observasi tersebut diterapkan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keaktifan siswa di kelas juga meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran. Pembelajaran inkuiri itu sendiri menuntut siswa untuk lebih aktif dan dapat menemukan sendiri pengetahuannya karena guru hanya berperan sebagai fasilitator dan motivator sehingga pembelajaran akan lebih bermakna dan tentunya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian yang mengacu pada model spiral Kemmis dan Taggart. Instrumen yang digunakan diantaranya yaitu, wawancara, pedoman observasi, tes dan catatan lapangan. Validasi data yang digunakan yaitu member check, expert opinion, dan triangulasi. Subjeknya ialah siswa kelas IV SDN Lembursitu. Validasi data digunakan untuk menyesuaikan dan mencocokkan data yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan tiga siklus karena pada siklus pertama dan siklus kedua target yang ditentukan belum tercapai. Target yang ditentukan untuk kinerja guru yaitu 100% sedangkan untuk aktivitas siswa dan hasil belajar target yang ditentukan yaitu 90%. Pada kinerja guru diperoleh data pada siklus I 73%, siklus II 90,5%, dan siklus III 100%. Aktivitas siswa pada siklus I 42%, siklus II 88% dan siklus III 96%. Hasil belajar siswa pada siklus I 54%, siklus II 84%, dan siklus III 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi sifat-sifat benda dapat meningkatkan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri, hasil belajar siswa, sifat-sifat benda. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/24618/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/24618/