PENERAPAN MODEL MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SEJARAH KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN II Galanggang, Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat pada Materi Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia)

Penelitian ini didasari dari hasil observasi siswa kelas V SDN II Galanggang yang masih rendah mengenai pemahaman pada materi sejarah kerajaan Islam di Indonesia. Hal itu disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan guru tidak menerapkan model maupun metode pembelajaran yang dapat membantu siswa un...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fauziah, Dian Nur (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/24649/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini didasari dari hasil observasi siswa kelas V SDN II Galanggang yang masih rendah mengenai pemahaman pada materi sejarah kerajaan Islam di Indonesia. Hal itu disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan guru tidak menerapkan model maupun metode pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk memahami materi. Sehingga terlihat pada proses belajar siswa begitu pasif serta dilihat dari hasil belajar siswa menunjukan belum tercapainya ketuntasannilaipadahasil yang diperoleh. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa pada materi sejarah kerajaan Islam di Indonesia. Sebagai solusi untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan model mind map. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes evaluasi, catatan lapangan, dan angket. Berdasarkan data pada pedoman observasi tahap perencanaan pembelajaran kinerja guru diperoleh hasil ketuntasan pada siklus I 93,3%, siklus II 100%, dan siklus III 100%. Kemudian untuk tahap pelaksanaan hasil yang diperoleh pada siklus I 95,23%, siklus II 99,52%, dan siklus III 100%. Kemudian untuk peningkatan ketuntasan hasil kreativitas siswa pada siklus I 68,8%, siklus II 92,88%, dan siklus III 95,6%. Selanjutnya untuk pemahaman siswa pada siklus I 77,7%, siklus II 84,4%, dan siklus III 91,1%. Dengan demikian penerapan model mind map dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa pada materi sejarah kerajaan Islam di Indonesia. Kata Kunci:Mind Map, Kreativitas, Pemahaman, Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia.
Item Description:http://repository.upi.edu/24649/1/s_pgsd_kelas_1300867_title.pdf
http://repository.upi.edu/24649/2/s_pgsd_kelas_1300867_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/24649/3/s_pgsd_kelas_1300867_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/24649/4/s_pgsd_kelas_1300867_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/24649/5/s_pgsd_kelas_1300867_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/24649/6/s_pgsd_kelas_1300867_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/24649/7/s_pgsd_kelas_1300867_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/24649/8/s_pgsd_kelas_1300867_appendix.pdf
http://repository.upi.edu/24649/9/s_pgsd_kelas_1300867_bibliography.pdf