MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK MELALUI THINK-TALK-WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN IPS

Penelitian ini dilatarbelakangi pada observasi awal di kelas VIII-B SMP Negeri 14 Bandung. Hasil observasi menyebutkan bahwa terdapat permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran, permasalahan disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya : Pertama, kurangnya respon peserta didik dalam mengikut...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Praticia, R. Andika (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2472/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 07569 am a22004213u 4500
001 repoupi_24702
042 |a dc 
100 1 0 |a Praticia, R. Andika  |e author 
245 0 0 |a MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK MELALUI THINK-TALK-WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN IPS 
260 |c 2016-06-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/1/S_PSIPS_1206612_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/2/S_PSIPS_1206612_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/3/S_PSIPS_1206612_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/4/S_PSIPS_1206612_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/5/S_PSIPS_1206612_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/6/S_PSIPS_1206612_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/7/S_PSIPS_1206612_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/8/S_PSIPS_1206612_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/9/S_PSIPS_1206612_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/10/S_PSIPS_1206612_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/12/S_PSIPS_1206612_Appendix2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/11/S_PSIPS_1206612_Appendix3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/13/S_PSIPS_1206612_Appendix4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/14/S_PSIPS_1206612_Appendix5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/15/S_PSIPS_1206612_Appendix6.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/16/S_PSIPS_1206612_Appendix7.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/17/S_PSIPS_1206612_Appendix8.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24702/18/S_PSIPS_1206612_Appendix9.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi pada observasi awal di kelas VIII-B SMP Negeri 14 Bandung. Hasil observasi menyebutkan bahwa terdapat permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran, permasalahan disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya : Pertama, kurangnya respon peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sehingga kelas berlangsung secara pasif. Kedua, kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan strategi, metode, model, pendekatan dan media pembelajaran. Faktor-faktor yang terjadi menyebabkan kurangnya peserta didik mengembangkan kemampuan berbicara, mendengar, serta menulis, sehingga hilangnya interaksi yang baik di dalam kelas. Hal ini sangat mempengaruhi keterampilan komunikasi peserta didik, baik dengan guru ataupun dengan peserta didik lainnya. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti mencoba menerapkan strategi Think-Talk-Write (TTW) sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik dalam pembelajaran IPS. Fokus dari penelitian ini yaitu bagaimana peneliti melakukan perencanaan pembelajaran sebelum tindakan, bagaimana tahap pelaksanaan dilakukan, serta bagaimana cara mengatasi kendala dan solusi selama penelitian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik melalui Think-Talk-Write (TTW) dalam pembelajaran IPS. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain spiral dari Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, tes, rubric penilaian (Marking Scheme), dokumentasi, serta catatan lapangan. Hasil yang diperoleh selama penelitian yaitu : pertama, perencanaan pembelajaran peneliti rancang agar peserta didik mampu belajar secara aktif, mampu berkomunikasi dengan baik dalam proses pembelajaran. Kedua, dalam pelaksanaannya peserta didik diberikan lembar kerja untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik dalam pembelajaran. Ketiga, hasil penelitian diketahui bahwa pada setiap aspek penilaian, yaitu mampu menjelaskan/mempresentasikan, penjelasan yang berisi atau bermakna, memiliki kemampuan mendengarkan secara efektif, kemampuan menuliskan hasil pemahaman sendiri dan kemampuan menuliskan kembali pemahaman lawan bicara mengalami peningkatan yang sangat baik. Namun aspek penilaian yang paling unggul dalam mengalami peningkatan setiap siklusnya yaitu pada aspek mampu menjelaskan/mempresentasikan. Hasil pelaksanaan tindakan kelas tersebut diperoleh bahwa strategi Think-Talk-Write (TTW) sangat efektif dalam upaya meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik dalam pembelajaran IPS. Keempat, kendala yang terjadi yaitu alokasi waktu, pemahaman peserta didik terhadap langkah pembelajaran, serta percaya diri peserta didik dalam mengungkapkan pendapatnya, namun semua kendala tersebut mampu teratasi dengan dilakukannya perbaikan-perbaikan dari tiap siklusnya. ; This research background on the initial observation in class VIII-B SMP Negeri 14 Bandung. The results of observations mention that there are problems that occured in learning process, problems caused by several factors, including : first, lack of student response in the following study so that classes take places passively. Second, lack of ability of teachers developing strategies, methods, models, approaches and learning media. Factors that happened leads to a lack of learners develop the ability to speak, hear and writer, so that the loss of good interaction in the classroom. This greatly affects communication skill of learners, either with teachers or other learners. Therefore, in this study, researchers trying to implement the strategy Think-Talk-Write (TTW) in an effort to improve communication skills of learners in learning social sciences. The focus of this study that is how researchers conduct lesson planning before action, how the implementation phase is done, and how to overcome the obstacles and solutions during the study. It is intended to improve the communication skills of learners through Think-Talk-Write (TTW) in learning social sciences. As this study used classroom action research methods design spiral of Kemmis and Taggart. Data collection techniques used by researchers is the observation, interviews, tests, assessment rubric (Marking Scheme), documentation, and field note. The results obtained during the research that is : First, Researchers designed learning plan so that learners are able to learn actively, able to communicate well in the learning process. Second, in the implementation of learners are given worksheets to determine the extent to which understanding of learners in the learning. Third, the survey results revealed that in every aspect of the assessment, that is able to explain / present, explanations that contain or meaningful, have the ability to listen effectively, the ability to write their own understanding of the results and the ability to rewrite understanding of interlocutors has increased very well. But the most superior aspect of the assessment in increased each cycle is on aspects able to explain/present. The results of the implementation of the class action is obtained that strategy Think-Talk-Write (TTW) is very effective in improving the communication skills of learners in learning social sciences. Four, the obstacles that occur allocation of time, students understanding of the lesson, as well as confident learners in expressing his opinion, but all these obstacles were able to be resolved by doing the improvements of each cycle. 
546 |a en 
690 |a H Social Sciences (General) 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/24702/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2472/