PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD LABORATORIUM UPI CIBIRU

Hakikat dari pembelajaran adalah memberikan pelayanan bagi siswa agar dapat merubah tingkah laku ke arah perkembangan pribadi yang optimal. Perkembangan pribadi yang optimal ini harus dilakukan secara mandiri oleh sendiri. Strategi pembelajaran seyogyanya harus diarahkan kepada strategi yang merangs...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yuliani, Wiwin (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2473/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05933 am a22003253u 4500
001 repoupi_24703
042 |a dc 
100 1 0 |a Yuliani, Wiwin  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD LABORATORIUM UPI CIBIRU 
260 |c 2016-01-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/24703/1/T_PP_1303261_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24703/2/T_PP_1303261_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24703/3/T_PP_1303261_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24703/4/T_PP_1303261_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24703/5/T_PP_1303261_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24703/6/T_PP_1303261_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24703/7/T_PP_1303261_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24703/8/T_PP_1303261_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24703/9/T_PP_1303261_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24703/10/T_PP_1303261_Appendix.pdf 
520 |a Hakikat dari pembelajaran adalah memberikan pelayanan bagi siswa agar dapat merubah tingkah laku ke arah perkembangan pribadi yang optimal. Perkembangan pribadi yang optimal ini harus dilakukan secara mandiri oleh sendiri. Strategi pembelajaran seyogyanya harus diarahkan kepada strategi yang merangsang siswa untuk menyadari bahwa ia memiliki potensi dalam dirinya. Sehingga siswa mampu berkembang secara mandiri dalam proses pembelajaran. Namun kenyataan di SD Laboratorium UPI Cibiru terdapat salah satu masalah yaitu proses pembelajaran belum dilaksanakan dengan menggunakan strategi yang mendukung terhadapa peningkatan kemandirian belajar siswa. Strategi active learning merupakan salah satu strategi belajar yang diasumsikan mempunyai pengaruh terhadap kemandirian belajar siswa. Untuk kepentingan mendapatkan alternatif pemecahan dari masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan fokus permasalahan yang dikaji meliputi 1)Gambaran umum kemandirian belajar siswa kelas V SD Laboratorium; 2)Gambaran kemandirian belajar siswa kelas VSD laboratorium UPI Cibiru setelah melakukan pembelajaran dengan strategi active learning; 3)pengaruh strategi active learning terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD Laboratoriun UPI Cibiru. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen bentuk nonequivalen control group design. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik purposive sample. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SD Laboratorium UPI Cibiru dengan sampel penelitian siswa kelas VA dan VF. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) gambaran umum kemandirian belajar siswa kelas V SD Laboratorium UPI Cibiru yang berjumlah 154 orang berada dalam kategori rendah dengan rata rata kemandirian belajar 60,42; 2) kemandirian belajar siswa setelah melakukan pembelajaran dengan strategi active learning berada pada kategori sedang, rata rata kemandirian belajar 66,27; 3) terdapat pengaruh strategi active learning terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD Laboratoriun UPI Cibiru dengan hasil uji t sebesar-5,372 dengan uji gain ternormalisasi 0,1135. Berdasarkan temuan tersebut dapat dikemukanan implikasi dan rekomendasi bahwa pembelajaran dengan strategi active learning dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas V SD Laboratorium UPI Cibiru. ; The essence of learning is to provide services to students in order to change behavior towards optimal personal development. Optimal personal development should be carried out independently by itself. Learning strategies should be should be directed to strategies that stimulate students to realize that it has the potential in him. So that students are able to develop independently in the learning process. But the reality on SD Laboratory UPI Cibiru are one of the problems that the learning process has not been implemented using terhadapa improvement strategies that support student learning independence. Active learning strategies is one of the learning strategies that are assumed to have an influence on student learning independence. In order to obtain the benefit of an alternative solution of the problem, conducted research with a focus on issues that were examined include 1) Overview of learning independence SD Laboratory UPI Cibiru fifth grade students; 2) Description of the independence of V SD laboratory grade students UPI Cibiru after learning to active learning strategies; 3) the effect of active learning strategy towards independence of students of class V SD UPI Cibiru laboratory. The research method used was experimental method form nonequivalen control group design. The sampling technique used in a way purposive sample technique. The entire study population 0f class V SD Laboratory UPI Cibiru with sample graders VA and VF. The findings obtained from this study are 1) a general description independence of students of class V SD Laboratory UPI Cibiru totaling 154 people were in the low category with an average of 60.42 independent learning; 2) independence of student learning after learning to active learning strategies in middle category, the average independent learning 66.27; 3) there is influence of active learning strategies to the independence of students of class V SD UPI Cibiru laboratory with test results as much as 5.372 t test 0.1135 normalized gain. Based on these findings and recommendations can dikemukanan implication that learning to active learning strategies can be used to increase the independence of students of class V SD Laboratory UPI Cibiru. 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/24703/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2473/