UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR PENCAK SILAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V DI SDN PUSPARAJA 1 .

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keterampilan dasar siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani terutama pada pembelajaran pencak silat di SDN Pusparaja 1. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media audio visual terhadap keterampilan gerak dasar penc...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hikmatiar, Gungun Gulbudin (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/24778/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04384 am a22003133u 4500
001 repoupi_24778
042 |a dc 
100 1 0 |a Hikmatiar, Gungun Gulbudin  |e author 
245 0 0 |a UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR PENCAK SILAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V DI SDN PUSPARAJA 1 . 
260 |c 2016-06-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/24778/1/S_SDPJ_1204219_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24778/2/S_SDPJ_1204219_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24778/3/S_SDPJ_1204219_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24778/4/S_SDPJ_1204219_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24778/5/S_SDPJ_1204219_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24778/6/S_SDPJ_1204219_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24778/7/S_SDPJ_1204219_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24778/8/S_SDPJ_1204219_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24778/9/S_SDPJ_1204219_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24778/10/S_SDPJ_1204219_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24778/11/S_SDPJ_1204219_Appendix2.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keterampilan dasar siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani terutama pada pembelajaran pencak silat di SDN Pusparaja 1. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media audio visual terhadap keterampilan gerak dasar pencak silat di SDN Pusparaja 1 dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi siswa mengenai format penilaian keterampilan dasar, catatan lapangan, dan dokumentasi penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pusparaja 1 Kecamatan Cigalontang, kabupaten Tasikmalaya dengan subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 orang siswa. berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual memberikan pengaruh terhadap keterampilan gerak dasar pencak silat siswa dalam aktivitas pencak silat pada siswa kelas V SDN Pusparaja 1. Pada siklus pertama dalam tindakan ke-1 didapat persentase pencapaian adalah 41% dan tindakan ke-2 didapat persentase pencapaian adalah 51%. Pada siklus kedua dalam tindakan ke-1 didapat persentase pencapaian adalah 68% dan tindakan ke-2 didapat persentase 79%. Maka dapat disimpulkan hasil ini menunjukkan peningkatan setiap tindakannya dan menunjukkan bahwa melalui penggunaan media audio visual dalam pembelajaran pencak silat dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar siswa kelas V SDN Pusparaja 1 Kecamatan Cigalontang. --- This research is motivated lack of basic skills in the learning process of physical education, especially in learning martial arts at SDN Pusparaja 1. The purpose of this research is to determine how the influence of audio-visual media on the basic motor skills of martial arts in SDN Pusparaja 1 in learning physical education. The method used in this research is a classroom action research instrument used is the observation sheet of students on basic skills assessment format, field notes, and research documentation. This research was conducted in SDN Pusparaja 1 Cigalontang District, Tasikmalaya Regency with the subject of the research is taken from 5th grade class students who are 22 students. Based on the results of this study indicate that the use of audio-visual media give effect to the basic movement skills Pencak Silat students in a Martial activity grade students V SDN Pusparaja 1. In the first cycle in action-1 obtained percentage achieved was 41% and the actions of the 2nd attainment obtained percentage is 51%. In the second cycle in action-1 obtained percentage achieved is 68% and the actions of the 2nd obtained a percentage of 79%. So we can conclude these results show an increase every action and demonstrate that through the use of audio-visual media in learning martial arts can improve basic motor skills fifth grade students of SDN Pusparaja 1 Cigalontang District. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/24778/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/24778/