MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA PERKULIAHAN KIMIA DASAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KLARIFIKASI NILAI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN

Menurut UNESCO, Pendidikan Nilai Lingkungan (Environmental Values Education-EVE) perlu dikembangkan pada lembaga pendidikan melalui integrasi pada semua mata pelajaran. Guru kimia perlu memiliki kesadaran untuk memanfaatkan bahan kimia dengan aman, aman bagi dirinya sendiri, aman bagi orang lain dan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sulastri, _ (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-05-02.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/24921/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05832 am a22003373u 4500
001 repoupi_24921
042 |a dc 
100 1 0 |a Sulastri, _  |e author 
245 0 0 |a MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA PERKULIAHAN KIMIA DASAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KLARIFIKASI NILAI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN 
260 |c 2016-05-02. 
500 |a http://repository.upi.edu/24921/1/D_PU_1107304_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24921/2/D_PU_1107304_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24921/3/D_PU_1107304_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24921/4/D_PU_1107304_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24921/5/D_PU_1107304_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24921/6/D_PU_1107304_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24921/7/D_PU_1107304_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24921/8/D_PU_1107304_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24921/9/D_PU_1107304_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24921/10/D_PU_1107304_Appendix%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24921/11/D_PU_1107304_Appendix%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24921/12/D_PU_1107304_Appendix%203.pdf 
520 |a Menurut UNESCO, Pendidikan Nilai Lingkungan (Environmental Values Education-EVE) perlu dikembangkan pada lembaga pendidikan melalui integrasi pada semua mata pelajaran. Guru kimia perlu memiliki kesadaran untuk memanfaatkan bahan kimia dengan aman, aman bagi dirinya sendiri, aman bagi orang lain dan aman juga bagi lingkungan. Untuk itu pembelajaran kimia perlu diperkaya dengan pendidikan nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan karakter pada perkuliahan Kimia Dasar. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam aspek kognitif dan juga aspek sikap dan perilaku yang sadar lingkungan melalui model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) yang dipadukan dengan model Problem Based Learning dan Project Based Learning dipadukan dengan. Penelitian ini melibatkan seluruh mahasiswa program Studi Kimia FKIP Unsyiah angkatan tahun akademik 2014/2015 sebanyak 47 orang. Untuk mengumpulkan data menggunakan lembar observasi, kuesioner dan portofolio tugas proyek. Produk penelitian pengembangan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Bahan Ajar Kimia Organik bermuatan nilai kesadaran lingkungan, Instrumen Pengukur Kesadaran Lingkungan dan Model Perkuliahan Kimia Organik. Hasilnya memperlihatkan, bahwa: (1) proses pembelajaran konsep Kimia Organik diperkaya dengan nilai kesadaran lingkungan dapat mengubah pengetahuan, (2) sikap dan perilaku yang lebih baik dari sebelumnya, (3) beberapa soft-skill mahasiswa berkembang ke arah yang lebih baik, (4) tidak ada korelasi antara pengetahuan dan sikap terhadap lingkungan tetapi ada berhubungan positif antara pengetahuan dan perilaku juga antara sikap dan perilaku terhadap lingkungan, (5) mahasiswa antusias, menerima, melaksanakan dan memberi respon postitif terhadap penerapan model, (6) hampir semua nilai karakter yang terdapat dalam sepuluh kebaikan yang dikemukan oleh Lickona dapat berkembang dalam pembelajaran ini. Uji coba model juga memperlihatkan terjadi perubahan gain antara post-test dan pre-test untuk aspek pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap lingkungan. Dengan demikian, model yang dikembangkan ini direkomendasikan untuk dapat diaplikasikan dalam skala yang lebih luas;--- According to UNESCO, Environmental Values Education (EVE) needs to be developed in educational institutions through the integration on all subjects. Chemistry teachers needs to have the awareness to take advantage of chemicals with safe, secure for them self, safe for people and safe also for the environment. For that chemistry learning needs to be enriched with educational value. This research aims to develop a model of character education in basic chemistry lectures. The goal is to improve the ability of students in cognitive and also in attitude and behavioral aspects of environmental awareness through problem based learning and project-based learning combined with value clarification technique (VCT) learning models. The study involved the entire student of Chemistry Study Program of FKIP Unsyiah in academic year 2014/2015 as many as 47 students. To collect data using observation sheet, questionnaires and project portfolios. Product of research and development research generated in this study are organic chemistry teaching materials containing value of environmental awareness, instrument for measuring environmental awareness, and models of organic chemistry lectures with value clarification technique. The results show that: (1) the learning process of organic concept enriched with environmental awareness can change knowledge, attitudes and behavior better than ever, (2) some students growing soft-skills towards better, (3) there is no correlation between knowledge and attitudes towards the environment but there is positively related between knowledge and behavior as well as between attitudes and behavior towards the environment, (4) students more enthusiastic, receive, execute and shown positive respond to the application of the model, (5) almost all grades of characters contained in ten goodness raised by Lickona can thrive in this study. The model also showed a change in gain between the post-test and pre-test on knowledge, attitude and behavior towards the environment. Thus, the model is recommended to be applied on a wider scale. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB2300 Higher Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/24921/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/24921/