MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PEMBELAJARAN TARI KREASI BALI

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan kemampuan motorik kasar anak kelompok B-1 PAUD Kasih Sayang Bunda yang belum optimal. Kemampuan motorik kasar anak berkembang dengan optimal melalui stimulasi diluar tingkat yang dicapai hanya melalui kematangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rahayu, Yayah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-07-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/24958/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04285 am a22003133u 4500
001 repoupi_24958
042 |a dc 
100 1 0 |a Rahayu, Yayah  |e author 
245 0 0 |a MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PEMBELAJARAN TARI KREASI BALI 
260 |c 2016-07-22. 
500 |a http://repository.upi.edu/24958/1/S_PAUD_1202781_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24958/2/S_PAUD_1202781_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24958/3/S_PAUD_1202781_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24958/4/S_PAUD_1202781_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24958/5/S_PAUD_1202781_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24958/6/S_PAUD_1202781_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24958/7/S_PAUD_1202781_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24958/8/S_PAUD_1202781_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24958/9/S_PAUD_1202781_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/24958/10/S_PAUD_1202781_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan kemampuan motorik kasar anak kelompok B-1 PAUD Kasih Sayang Bunda yang belum optimal. Kemampuan motorik kasar anak berkembang dengan optimal melalui stimulasi diluar tingkat yang dicapai hanya melalui kematangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pembelajaran tari kreasi Bali dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B-1 PAUD Kasih Sayang Bunda. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Partisipan penelitian ini adalah anak-anak kelompok B-1 PAUD Kasih Sayang Bunda berusia 5-6 tahun yang berjumlah 15 anak. Hasil penelitian menunjukan peningkatan di setiap siklus setelah diterapkannya pembelajaran tari kreasi Bali. Terlihat dari pra siklus tidak ada anak yang berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), pada akhir siklus I mengalami sedikit peningkatan dan diakhir siklus II tidak ada anak yang berada pada kategori Belum Berkembang (BB). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tari kreasi Bali dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di Kelompok B-1 PAUD Kasih Sayang Bunda. Hal ini terlihat dari anak dapat menggerakan lengan, kaki, leher dalam melakukan gerakan yang berpindah tempat, keseimbangan dan menggunkan alat, dari gerakan yang sederhana ke gerakan yang kompleks dengan iringan tari kreasi Bali. Dengan adanya hasil dari penelitian tersebut, maka pembelajaran tari kreasi Bali dapat direkomendasikan untuk guru dalam kegiatan pembelajaran di Taman Kanak-kanak.;---This research is made based on problem of children's rough motor ability of group B-1 PAUD Kasih Sayang Bunda that is not optimal yet. The ability of children's rough motor develops optimally through stimulation out of the achieved level is only through maturity. The aim of this research is to find the objective's condition, application of Bali creation dance learning, and improvement of children's rough motor ability of group B-1 PAUD Kasih Sayang Bunda. The method used is Classroom Action Research (CAR). The participant of this research is fifteen children aged 5-6 years of group B-1 PAUD Kasih Sayang Bunda. The result of this research shows improvement in every cycle after the application of Bali creation dance learning. It can be seen from pre-cycle that there is no children in category Developed as Expected (DAE), and there is some improvement at the end of cycle I and no children in category Undeveloped (U) at the end of cycle II. Therefore, it can be concluded that Bali creation dance learning able to improve children's rough motor ability of group B-1 PAUD Kasih Sayang Bunda. This can be seen from children that are able to move their hands, feet, and necks in performing movement, balance, and using tools from simple movement to complex movement with Bali creation dance offbeat. With the result of this research, it can be recommended for teachers in learning activity in preschool. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/24958/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/24958/