PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN DI KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PASUNDAN 3 BANDUNG

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah belum optimalnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Hal tersebut ditandai dengan fluktuasi ketidakhadiran siswa serta nilai capaian kompetensi siswa yang belum memenuhi kriteria kelulusan minimal yang diseb...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurutami, Rizkiana (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/24966/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah belum optimalnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Hal tersebut ditandai dengan fluktuasi ketidakhadiran siswa serta nilai capaian kompetensi siswa yang belum memenuhi kriteria kelulusan minimal yang disebabkan oleh belum terpenuhinya kompetensi profesional guru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu kompetensi profesional guru dan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai kompetensi profesional guru, memperoleh gambaran minat belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran di SMK Pasundan 3 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket dengan model skala likert yang dikumpulkan dari responden dengan ukuran populasi 54 orang siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Pasundan 3 Bandung. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan informasi bahwa kompetensi profesional guru berada pada kategori sedang dan minat belajar siswa berada pada kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa tingkat kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat minat belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Pasundan 3 Bandung.;---The issue examined in this study was students' interests in learning towards subject Introduction to Office Administration which is not optimal. It is characterized by fluctuations of student attendance and student competence achievements who do not meet the minimum passing criteria caused by unfulfilled professional competence of teachers. The study consists of two variables: the professional competence of teachers and students' interest in learning. The purpose of this study was to obtain an overview of the professional competence of teachers, obtain a the overview of students' interest in learning and to determine the influence of professional competence of teachers against the students' interests in learning in grade X of administrative expertise program in the subject introduction to Office Administration in Vocational School of Pasundan 3 Bandung.The method used in this research was survey method. Data collected by distributing a questionnaire with Likert scale models gathered from respondents with a population size of 54 students of Office Administration Program in grade X in Vocational School of Pasundan 3 Bandung. Data analysis technique used is simple linear regression test. Based on the results, it was obtained information that the professional competence of teachers in middle category and student interest in middle category. Based on the hypothesis test showed that the level of professional competence of teacher's has a positive and significant impact on the level of student interest in learning in grade
Item Description:http://repository.upi.edu/24966/1/S_PKR_1204199_Title.pdf
http://repository.upi.edu/24966/2/S_PKR_1204199_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/24966/3/S_PKR_1204199_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/24966/4/S_PKR_1204199_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/24966/5/S_PKR_1204199_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/24966/6/S_PKR_1204199_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/24966/7/S_PKR_1204199_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/24966/8/S_PKR_1204199_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/24966/9/S_PKR_1204199_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/24966/10/S_PKR_1204199_Appendix.pdf