Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Lari dan Perilaku Sosial Siswa di SMAN 1 Rancaekek

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktifitas permainan tradisional memberikan pengaruh terhadap keterampilan gerak dasar lari dan perilaku sosial siswa di SMAN 1 Rancaekek. Penelitian ini juga didasarkan karena kurangnya variasi permainan dalam pembelajaran penjas di sekolah yang menye...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nopian, Hendri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2538/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktifitas permainan tradisional memberikan pengaruh terhadap keterampilan gerak dasar lari dan perilaku sosial siswa di SMAN 1 Rancaekek. Penelitian ini juga didasarkan karena kurangnya variasi permainan dalam pembelajaran penjas di sekolah yang menyebabkan siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran penjas. Mengingat manfaat dari permainan tradisional sangat banyak penulis merasa sangat tertarik untuk menggarap penelitian ini. Adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, dimana penelitian dilakukan secara langsung ke lapangan. Adapun studi kasus dilakukan di SMAN 1 Rancaekek dan menjadikan siswa kelas X di SMA tersebut sebagai objek penelitian. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan random sampling dari siswa kelas X yang digunakan hanya 30 orang. Hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis permainan tradisional terhadap keterampilan gerak dasar lari siswa didapat P-Value 0,00 < 0,05 yang berarti aktifitas permainan tradisional memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan gerak dasar lari siswa. Adapun hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis permainan tradisional terhadap perilaku sosial didapat P-Value 0,00 < 0,05 yang berarti permainan tradisional memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku sosial siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran permainan tradisional dapat diterapkan dalam pembelajaran olahraga di SMA. Karena dinilai memiliki manfaat yang besar terhadap keterampilan gerak dasar lari dan perilaku sosial siswa.
Item Description:http://repository.upi.edu/25038/1/S_JKR_1100136_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25038/2/S_JKR_1100136_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25038/3/S_JKR_1100136_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25038/4/S_JKR_1100136_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25038/5/S_JKR_1100136_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25038/6/S_JKR_1100136_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25038/7/S_JKR_1100136_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25038/8/S_JKR_1100136_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25038/9/S_JKR_1100136_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25038/10/S_JKR_1100136_Appendix.pdf