Penerapan Model Kooperatif Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Produksi Siswa Dalam Menciptakan Variasi Roll Depan Pada Pembelajaran Senam Lantai (Penelitian Tindakan pada Kelas Pendidikan Jasmani di SMP Negeri 6 Cimahi)

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan mengembangkan kemampuan produksi siswa. Hal ini berdasarkan observasi awal yang menunjukan bahwa gaya mengajar yang digunakan kurang mendorong siswa untuk berfikir kreatif. Metode pene...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wahyuni, Devi Sri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2571/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan mengembangkan kemampuan produksi siswa. Hal ini berdasarkan observasi awal yang menunjukan bahwa gaya mengajar yang digunakan kurang mendorong siswa untuk berfikir kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam beberapa siklus melalui empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sampelnya adalah siswa kelas VIII D sebanyak 40 orang di SMP Negeri 6 Cimahi. Sementara itu pengumpulan data dilakukan dengan observasi, lembar penilaian, lembar catatan lapangan dan lembar catatan observer. Rekapitulasi peningkatan hasil belajar yang dicapai dari penerapan model kooperatif yaitu: nilai rata-rata pada siklus I adalah 54.6%, siklus ke II adalah 77.9%. keberhasilan yang dicapai tidak terlepas dari kendala-kendala yaitu kesulitan untuk merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan kegiatan proses pembelajaran yang kadang tidak sesuai dengan rencana. Solusi yang dilakukan adalah dengan cara mendiskusikannya dengan dosen pembimbing skripsi untuk merefleksikan hasil penilaian tiap siklus dan meminimalisir kekurangan yang terjadi. Berdasarkan pencapaian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar dengan model pembelajatan kooperatif data meningkatkan kemampuan produksi siswa dalam pembelajaran PJOK di kelas VIII D SMP Negeri 6 Cimahi.
Item Description:http://repository.upi.edu/25071/1/S_JKR_1204099_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25071/2/S_JKR_1204099_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25071/3/S_JKR_1204099_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25071/4/S_JKR_1204099_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25071/5/S_JKR_1204099_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25071/6/S_JKR_1204099_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25071/7/S_JKR_1204099_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25071/8/S_JKR_1204099_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25071/9/S_JKR_1204099_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25071/10/S_JKR_1204099_Appendix.pdf