PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE-A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SD

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V di SD X dalam pembelajaran IPA , hal ini ditandai dengan nilai yang diperoleh pada akhir pembelajaran masih dibawah KKM. Berdasarkan pengamatan peneliti guru menggunakan model pembelajaran yang konvensional d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dhone, Elisabet (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2591/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03021 am a22003133u 4500
001 repoupi_25091
042 |a dc 
100 1 0 |a Dhone, Elisabet  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE-A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SD 
260 |c 2016-06-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/25091/1/S_PGSD_1206847_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25091/2/S_PGSD_1206847_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25091/3/S_PGSD_1206847_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25091/4/S_PGSD_1206847_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25091/5/S_PGSD_1206847_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25091/6/S_PGSD_1206847_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25091/7/S_PGSD_1206847_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25091/8/S_PGSD_1206847_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25091/9/S_PGSD_1206847_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25091/10/S_PGSD_1206847_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25091/11/S_PGSD_1206847_Appendix2.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V di SD X dalam pembelajaran IPA , hal ini ditandai dengan nilai yang diperoleh pada akhir pembelajaran masih dibawah KKM. Berdasarkan pengamatan peneliti guru menggunakan model pembelajaran yang konvensional dalam menyampaikan materi sehingga pembelajaran bersifat satu arah. Maka perlu dikembangkan model pembelajaran lain yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan model kooperatif tipe Make-A Match, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas V SD dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe Make-A Match. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas PTK model Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua siklus subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD X. berdasarkan hasil penelitian menggunakan model kooperatif tipe Make-A Match dalam pembelajaran IPA menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa. Siklus 1 dengan nilai ketuntasan siswa sebesar 59% dan nilai ketuntasan siswa pada siklus II sebesar 100%. Aktivitas siswa dari hasil observasi pada siklus I sebesar 78% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85%. Peningkatan aktivitas terjadi karena dalam kegiatan belajar mengajar siswa dituntut untuk aktif berpartisapasi dalam kelompok. Dengan demikian dapat disimpulkaan bahwa dalam penelitian in dengan menggunakan model kooperatif tipe Make-A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/25091/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2591/