PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA SEKOLAH DASAR

Penelitian ini dilatarbelakangi karena keaktifan siswa didalam kelasnya masih sangat rendah dan penggunaan model pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu hanya menggunakkan metode ceramah. Sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Sehingga terlihat monoton membuat siswa kurang begitu sema...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Gulung, Nining Husnul F. (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-07-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2514/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi karena keaktifan siswa didalam kelasnya masih sangat rendah dan penggunaan model pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu hanya menggunakkan metode ceramah. Sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Sehingga terlihat monoton membuat siswa kurang begitu semangat dalam pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada materi operasi hitung campuran. Berdasarkan permaslahan tersebut diatas, maka tujuan yang hendak dicapai adalah : 1) untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada materi operasi hitung campuran kelas II, 2) untuk mengetahui keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran setelah diterapkan penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada materi operasi hitung campuran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang diadaptasi model Kemmis dan Mc Taggart dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II semester dua SDN Gegerkalong I yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada materi operasi hitung campuran menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa, terlihat dengan adanya peningkatan presentase keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II. Presentase keaktifan siswa siklus I mencapai 67,6%, pada siklus II mengalami peningkatan presentase siswa yang aktif mencapai 97,25%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan keaktifan siswa pada materi operasi hitung campuran. Rekomendasi yang ingin disampaikan peniliti bagi guru agar menjadi salah satu pilihan model dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa, bagi siswa agar menjadi pribadi yang kreaktif dan aktif, bagi sekolah agar menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan disekolah, dan bagi peneliti agar dapat mengadakan penelitian yang lebih mendalam lagi tentang kontribusi pembelajaran model MMP kaitannya dengan peningkatan keaktifan.
Item Description:http://repository.upi.edu/25104/1/S_PGSD_1206836_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25104/2/S_PGSD_1206836_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25104/3/S_PGSD_1206836_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25104/4/S_PGSD_1206836_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25104/5/S_PGSD_1206836_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25104/6/S_PGSD_1206836_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25104/7/S_PGSD_1206836_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25104/8/S_PGSD_1206836_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25104/9/S_PGSD_1206836_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25104/10/S_PGSD_1206836_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/25104/11/S_PGSD_1206836_Appendix2.pdf