PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 6 BANDUNG

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih diterapkannya proses pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru (teacher centered), hal ini menyempitkan pola pikir siswa tentang suatu pemahaman yang dipelajarinya. Tentunya hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa bisa d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ginanjar, Ardy (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25199/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03506 am a22003493u 4500
001 repoupi_25199
042 |a dc 
100 1 0 |a Ginanjar, Ardy  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 6 BANDUNG 
260 |c 2016-06-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/25199/1/S_TE_1005345_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25199/2/S_TE_1005345_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25199/3/S_TE_1005345_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25199/4/S_TE_1005345_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25199/5/S_TE_1005345_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25199/7/S_TE_1005345_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25199/6/S_TE_1005345_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25199/8/S_TE_1005345_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25199/9/S_TE_1005345_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25199/10/S_TE_1005345_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25199/11/S_TE_1005345_Appendix2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25199/12/S_TE_1005345_Appendix3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25199/13/S_TE_1005345_Appendix4.pdf 
520 |a Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih diterapkannya proses pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru (teacher centered), hal ini menyempitkan pola pikir siswa tentang suatu pemahaman yang dipelajarinya. Tentunya hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa bisa di lihat yang telah memenuhi pencapaian nilai KKM baru 25%. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu diterapkannya model pembelajaran Pictorial Riddle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pictorial Riddle terhadap hasil belajar peserta didik ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada mata diklat elektronika dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental design dengan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes awal (pretest) kepada siswa. Kemudian diberi perlakuan (treatment) dengan menerapkan model pembelajaran Pictorial Riddle, selanjutnya diberikan tes akhir (posttest). Hasil penelitian ditinjau dari aspek kognitif menunjukkan bahwa hasil belajar kelas penelitian mengalami peningkatan (gain normalized) sebesar 0,66 kategori sedang, dengan nilai rata-rata pretest peserta didik sebesar 47,43 dan nilai rata-rata posttest peserta didik sebesar 85,53. Sedangkan nilai rata-rata terhadap penilaian hasil belajar afektif peserta didik berada pada kategori terampil yaitu dengan memperoleh IPK rata-rata sebesar 85. Penilaian hasil belajar dari aspek psikomotor berada pada kategori terampil yaitu dengan memperoleh IPK rata-rata sebesar 87,60. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Pictorial Riddle dikatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada materi macam-macam komponen elektronika dasar 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/25199/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/25199/