PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELILING KELOMPOK (ROUND CLUB) BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

Penelitian ini menjawab permasalahan penelitian yang bertitik tolak dari rumusan masalah umum yaitu: apakah terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok (round club) berbantuan media konkret dengan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Carmanita, _ (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25234/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini menjawab permasalahan penelitian yang bertitik tolak dari rumusan masalah umum yaitu: apakah terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok (round club) berbantuan media konkret dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?. Secara lebih khusus yaitu apakah terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif aspek mengingat (C1), aspek memahami (C2) dan aspek menerapkan (C3) yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok (round club) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan berbantuan media yang sama yaitu media konkret pada mata pelajaran TIK tentang perangkat keras sebagai media input, process, storage, dan output?. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen, pendekatan kuantitatif serta desain penelitian pretest-posttest control group design. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dengan bentuk tes objektif pilihan ganda. Teknik sampling secara Cluster Sampling. Secara umum dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ranah kognitif pada aspek mengingat, aspek memahami dan aspek menerapkan siswa yang menggunakan model pembelajaran koopeartif tipe keliling kelompok (round club) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Informasi (TIK) materi perangkat keras sebagai media input, process, storage, dan output, pada siswa kelas VII SMPN 10 Tasikmalaya. ;---This study answer the research question in general that are: is the influence of cooperative learning model round club type aided concrete for improving students' learning outcome can improve students' learning outcome of information and communication technology subject in SMPN 10 Tasikmalaya?. Specifically, the problems of the study are: is there any differences for improving in the cognitive applying memorizing aspect (C1), understanding aspect (C2) and applying aspect (C3) between students who use Round Club type and Group Investigation type in ICT subject about hardware as input, processing, storage and output device?. Research method used in this study is quasi-experimental which use quantitative design, Control Group in pretest-posttest control group design. Research instrument of this study is a multiple choice objective test. Sample collection in this study is done by using cluster sampling. In general, it can be concluded that cognitive learning outcome in memorizing aspect (C1), understanding aspect (C2) and applying aspect (C3) the students which use Cooperative teaching learning model Round Club method with the help of concrete media was higher than Cooperative learning model Group Investigation method in ICT subject about hardware as input, processing, storage and output device of 10 public junior high school Tasikmalaya studnts' grade VII.
Item Description:http://repository.upi.edu/25234/1/S_KTP_1200845_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25234/2/S_KTP_1200845_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25234/3/S_KTP_1200845_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25234/4/S_KTP_1200845_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25234/5/S_KTP_1200845_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25234/6/S_KTP_1200845_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25234/7/S_KTP_1200845_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25234/8/S_KTP_1200845_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25234/9/S_KTP_1200845_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25234/10/S_KTP_1200845_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/25234/11/S_KTP_1200845_Appendix2.pdf