PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKTIS DAN KOOPERATIF TERHADAP PENGUASAAN TEKNIK DASAR DALAM PERMAINAN BOLA BASKET.

Dalam penelitian ini penulis membuat judul perbandingan pengaruh model pembelajaran taktis dan kooperatif terhadap penguasaan teknik dasar dalam permainan bola basket. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perbandingan dan pengaruh model pembelajaran taktis dan kooperatif terhadap p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sugiandi, Asep Cahyawan (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25257/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Dalam penelitian ini penulis membuat judul perbandingan pengaruh model pembelajaran taktis dan kooperatif terhadap penguasaan teknik dasar dalam permainan bola basket. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perbandingan dan pengaruh model pembelajaran taktis dan kooperatif terhadap penguasaan teknik dasar dalam permainan bola basket. Alasan dilaksanakan penelitian ini adalah mengamati pada saat PPL di Pasundan 4 Bandung terlihat bahwa siswa-siswi belum terampil dalam bermain bola basket. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes penguasaan gerak operan, menembak, lay up shoot, menggiring bola, sikap badan, berputar, menguasai bola dan menangkap dalam permainan bola basket dari Nurhasan (2010: 189-199). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket yang berjumlah 64 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 orang yang diambil dengan menggunakan teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa pertama diperoleh p-value (0,000) < 0,05 berarti H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran taktis terhadap penguasaan teknik dasar permainan bola basket. Kedua, diperoleh p-value (0,000) < 0,05 berarti H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran kooperatif terhadap penguasaan teknik dasar permaianan bola basket. Ketiga diperoleh p-value (0,472) > 0,05, berarti H0 diterima yang artinya tidak terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran taktis dengan model pembelajaran kooperatif terhadap penguasaan teknik dasar dalam permainan bola basket.;--- In this study the authors make comparisons title influence tactical and cooperative learning model to the mastery of basic techniques in the game of basketball. The purpose of this study is to determine how the comparison and the effect of tactical and cooperative learning model to the mastery of basic techniques in the game of basketball. The reason this study was conducted to observe at the time of PPL in 4 Pasundan Bandung seen that students are not skilled in playing basketball. The method used in this research is the experimental method. The instrument used in this study operant test mastery of movement, shooting, lay up shoot, dribble, posture, spin, control the ball and catch the basketball games of Nurhasan (2010: 189-199). The population in this study were students who follow basketball extracurricular totaling 64 people. The sample in this study amounted to 16 people were taken by using sampling purposive technique. Based on test results and data analysis can be concluded that the first obtained p-value (0.000) < 0.05 means that H0 rejected, which means a significant influence on the tactical mastery learning basic techniques of the game of basketball. Second, the obtained p-value (0.000) < 0.05 means that H0 rejected, which means there is a significant effect of cooperative learning on the mastery of basic techniques of games or basketball. Third was obtained p-value (0.472) > 0.05, then H0 is accepted, which means there is no difference between the effect of a tactical learning model cooperative learning model towards mastery of basic techniques in the game of basketball.
Item Description:http://repository.upi.edu/25257/1/S_JKR_1006557_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25257/2/S_JKR_1006557_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25257/3/S_JKR_1006557_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25257/4/S_JKR_1006557_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25257/5/S_JKR_1006557_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25257/6/S_JKR_1006557_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25257/7/S_JKR_1006557_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25257/8/S_JKR_1006557_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25257/9/S_JKR_1006557_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25257/10/S_JKR_1006557_Appendix.pdf