PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 SUMEDANG

Model pembelajaran menjadi salah satu faktor utama dalam proses pembelajaran karena ketika menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran dan kondisi siswa, maka proses pembelajaran dan hasil belajarnya pun akan sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini mencoba menerapkan model...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Furqhan, Alhamdi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2536/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Model pembelajaran menjadi salah satu faktor utama dalam proses pembelajaran karena ketika menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran dan kondisi siswa, maka proses pembelajaran dan hasil belajarnya pun akan sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan tujuan 1) Bagaimana gambaran proses pembelajaran Group Investigation siswa SMK Negeri 1 Sumedang pada mata diklat konstruksi bangunan. 2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Group Investigation pada mata diklat Konstruksi Bangunan 3) Adakah perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata diklat Konstruksi Bangunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain kuasi eksperimen (quasi experimental). Sedangkan desain kuasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonquivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa X TGB SMK Negeri 1 Sumedang. Sampel dalam penelitian ini dipilih kelas X B-2 sebagai kelas eksperimen dan X B-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini berupa tes dan lembar observasi. Dari hasil penelitian gambaran proses pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berjalan sesuai dengan RPP dan skenario. Setelah penerapan pembelajaran diperoleh data rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Begitu pula peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata diklat Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 1 Sumedang yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan model pembelajaran langsung.
Item Description:http://repository.upi.edu/25306/1/S_TB_1105927_Title.pdf
http://repository.upi.edu/25306/2/S_TB_1105927_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/25306/3/S_TB_1105927_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/25306/4/S_TB_1105927_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/25306/5/S_TB_1105927_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/25306/6/S_TB_1105927_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/25306/7/S_TB_1105927_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/25306/8/S_TB_1105927_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/25306/9/S_TB_1105927_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/25306/10/S_TB_1105927_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/25306/11/S_TB_1105927_Appendix2.pdf