KAJIAN EFISIENSI OPERASIONAL KERETA API KOTA BANDUNG STUDI KASUS KA ARGO PARAHYANGAN BANDUNG-JAKARTA

Kereta api Argo Parahyangan kereta api kelas eksekutif Argo atau eksekutif-bisnis yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Bandung (BD) - Jakarta (GMR) dan sebaliknya.. Dari hasil analisis presantase tingkat efisiensi diketahui nilai rata-rata efisiensi K...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hafiza, Rizka (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25321/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04314 am a22003133u 4500
001 repoupi_25321
042 |a dc 
100 1 0 |a Hafiza, Rizka  |e author 
245 0 0 |a KAJIAN EFISIENSI OPERASIONAL KERETA API KOTA BANDUNG STUDI KASUS KA ARGO PARAHYANGAN BANDUNG-JAKARTA 
260 |c 2016-06-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/25321/1/S_TS_1104937_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25321/2/S_TS_1104937_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25321/3/S_TS_1104937_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25321/4/S_TS_1104937_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25321/5/S_TS_1104937_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25321/6/S_TS_1104937_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25321/7/S_TS_1104937_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25321/8/S_TS_1104937_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25321/9/S_TS_1104937_Bibliography.pdf 
520 |a Kereta api Argo Parahyangan kereta api kelas eksekutif Argo atau eksekutif-bisnis yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Bandung (BD) - Jakarta (GMR) dan sebaliknya.. Dari hasil analisis presantase tingkat efisiensi diketahui nilai rata-rata efisiensi KA-Argo parahyangan yaitu 25.09% > 1% dari hasil perbandingan pemasukan dan pengeluaran yang ada maka terjadi efisiensi. Dan dilihat dari efisiensi nya, KA Argo Parahyangan menguntungkan sehingga layak untuk beroperasional. Artinya nilai okupansi atau Load factor KA-Argo parahyangan rangkaian eksekutif yaitu 63,10% dan rangkaian eksekutif bisnis yaitu 71,88% dan di rata-rata dari kedua rangkaian tersebut nilai load factor nya adalah 67,5% yang artinya kepadatan yang ada di dalam rangkaian tersebut hanya sebesar 67,5% dan kemungkinan sebesar 32,5% nya tidak terisi penumpang. Perhitungan time headway tiap harinya ada yang berbeda, dikarenakan jumlah kereta yang berangkat tiap harinya berbeda yaitu untuk hari senin adalah 132,143 menit, selasa, rabu dan kamis adalah 144,167 menit, jumat, sabtu dan minggu adalah 123,571 menit. KA Argo Parahyangan memiliki BCR = 2, 38 > 1 artinya nilai pendapatan yang diperoleh menguntungkan dan layak. Net Present Value (NPV) = Total PV Penerimaan - Total PV Pengeluaran = Rp. 255,047,376,660 - Rp107,369,838,201 = Rp147,677,538,459 > 1 yang artinya KA Argo Parahyangan ditinjau dari analisis finansial dapat dikatakan layak. --- Argo Parahyangan train (as known Gopar) is an executive class train or executive Argo-business operated by PT Kereta Api Indonesia (Persero) in Java with a major in Bandung (BD) - Jakarta (GMR) and vice versa and become one- only railroad serving this route. From the analysis of the level of efficiency percent knowrn value of the average efficiency of KA-Argo Parahyangan ie 25.09%> 1% of the comparison of income and expenditure are then going efficiency. And judging by its efficiency, Argo Parahyangan favorable so worth it to be operational. This means that the value of occupancy or load factor KA-Argo Parahyangan executive circuit that is 63.10%, and a series of business executives, namely 71.88% and in the average of the two sets of the value of its load factor was 67.5%, which means the density is in in the series amounted to only 67.5% and 32.5% of its possibilities unallocated passengers. Calculation of time headway every day there are different, because the number of trains that depart every day is different, namely on Monday is 132.143 minutes, Tuesday, Wednesday and Thursday is 144.167 minutes, Friday, Saturday and Sunday is 123.571 minutes. Argo Parahyangan has BCR = 2, 38> 1 means that the value of revenue generated profitable and viable. Net Present Value (NPV) = Total PV Revenue - Total PV Expenditure = Rp. 255,047,376,660 - Rp107,369,838,201 = Rp147,677,538,459> 1, which means Argo Parahyangan in terms of financial analysis are viable and profitable. 
546 |a en 
690 |a T Technology (General) 
690 |a TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
690 |a TF Railroad engineering and operation 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/25321/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/25321/