UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA FLASH: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 17 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 17 Bandung yang menunjukkan bahwa siswa tersebut mengalami kesulitan ketika menuangkan idenya ke dalam sebuah tulisan cerpen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimanakah perencanaan pembe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Listiani, Fera Indah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-02-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25323/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04722 am a22003013u 4500
001 repoupi_25323
042 |a dc 
100 1 0 |a Listiani, Fera Indah  |e author 
245 0 0 |a UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA FLASH: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 17 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015 
260 |c 2015-02-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/25323/1/S_IND_1006710_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25323/2/S_IND_1006710_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25323/3/S_IND_1006710_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25323/4/S_IND_1006710_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25323/5/S_IND_1006710_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25323/6/S_IND_1006710_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25323/7/S_IND_1006710_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25323/8/S_IND_1006710_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25323/9/S_IND_1006710_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25323/10/S_IND_1006710_Appendix.pdf 
520 |a ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 17 Bandung yang menunjukkan bahwa siswa tersebut mengalami kesulitan ketika menuangkan idenya ke dalam sebuah tulisan cerpen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran menyusun teks cerpen menggunakan media flash pada siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 17 Bandung? (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menyusun teks cerpen menggunakan media flash pada siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 17 Bandung; dan (3) Bagaimanakah hasil pembelajaran menyusun teks cerpen menggunakan media flash pada siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 17 Bandung? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran berupa media flash. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran menulis teks cerpen dengan memanfaatkan media pembelajaran berupa media flash. Metode yang digunakan merupakan metode penelitian tindakan kelas dengan mengadopsi desain atau rancangan proses dan kegiatan model spiral dari Kemmis dan Taggart. Pelaksanaan siklus 1 dilakukan dengan menggunakan media flash dengan konten tulisan sedangkan pada siklus 2 media flash yang digunakan memuat konten tulisan dan gambar sehingga lebih menarik minat siswa. Berdasarkan data yang ditemukan, persentase hasil kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen pada tindakan siklus 1 didapatkan dengan kategori baik sekali berjumlah 0%, kategori baik berjumlah 8,1%, kategori cukup berjumlah 86.4%, dan kategori kurang berjumlah 5.4%. Pada siklus 2 kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen telah mengalami peningkatan. Siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori baik sekali mengalami peningkatan menjadi 3%, kategori baik meningkat menjadi 54.5%, kategori cukup menurun menjadi 42.4% dan tidak ada siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori kurang. Hal ini menunjukkan, penggunaan media flash sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 17 Bandung ---------- This research is motivated by the results of preliminary observations in class XI MIA 2 SMAN 17 Bandung, which indicates that the student is experiencing difficulty when pouring his idea into a short story writing. This study aims to improve students' ability to write a short story text by utilizing instructional media such as flash media. The method used is a research methods class action by adopting design process and the activities of the spiral model Kemmis and Taggart. Based on the data found , the percentage of students' skills in writing a short story text in first cycle action obtained with excellent category amounted to 0 % , both categories amounted to 8.1 % , totaling 86.4 % category enough , and amounted to 5.4 % less category . In the second cycle students' skills in writing a short story text has been increased. Students who get good grades in all categories increased to 3 % , both categories increased to 54.5 % , enough category decreased to 42.4 % and there are no students who scored with less category. This suggests , the use of flash media as a medium of learning can improve the writing short story text skills of students of class XI MIA 2 SMAN 17 Bandung. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/25323/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/25323/