IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIVITAS VOLLEY BALL LIKES GAME UNTUK MENGEMBANGKAN WAKTU AKTIF BELAJAR

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran aktivitas permainan bola voli pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), khususnya untuk mengembangkan waktu aktivitas belajar siswa. Suatu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hidayati, Adietya (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-02-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/25371/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03205 am a22003133u 4500
001 repoupi_25371
042 |a dc 
100 1 0 |a Hidayati, Adietya  |e author 
245 0 0 |a IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIVITAS VOLLEY BALL LIKES GAME UNTUK MENGEMBANGKAN WAKTU AKTIF BELAJAR 
260 |c 2016-02-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/25371/1/S_PJKR_1102850_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25371/2/S_PJKR_1102850_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25371/3/S_PJKR_1102850_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25371/4/S_PJKR_1102850_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25371/5/S_PJKR_1102850_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25371/6/S_PJKR_1102850_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25371/7/S_PJKR_1102850_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25371/8/S_PJKR_1102850_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25371/9/S_PJKR_1102850_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/25371/10/S_PJKR_1102850_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran aktivitas permainan bola voli pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), khususnya untuk mengembangkan waktu aktivitas belajar siswa. Suatu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dilakukan untuk menerapkan implementasi pembelajaran aktivitas volley ball likes game untuk mengembangkan waktu aktif belajar siswa. Siklus penelitian dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan masing-masing siklus terdiri atas dua tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII 3 di SMP Negeri 1 Bandung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, catatan observer, catatan hasil diskusi dan format Waktu Aktif Belajar (WAB). Teknik analisis data untuk data kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan pelaksanaan tindakan melalui catatan lapangan, catatan observer, dan catatan hasil diskusi. Sedangkan teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan menghitung prosentase jumlah waktu aktif belajar. Hasil rekapitulasi peningkatan waktu aktif belajar siswa adalah sebagai berikut: Pada pra siklus jumlah waktu aktivitas belajar siswa sebesar 45,41%, memasuki siklus I tindakan I jumlah waktu aktivitas belajar siswa sebesar 48,75%, siklus I tindakan II jumlah waktu aktivitas belajar siswa sebesar 52,5%, siklus II tindakan I jumlah waktu aktivitas belajar siswa sebesar 57,5%, siklus II tindakan II (pengulangan untuk perbaikan dari tindakan I) jumlah waktu aktivitas belajar siswa sebesar 60%. Berdasarkan perkembangan hasil belajar tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktivitas volley ball likes game dapat mengembangkan waktu aktif belajar dalam pembelajaran aktivitas permainan bola voli.;--- 
546 |a en 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a SK Hunting sports 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/25371/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/25371/